Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-27 12:14:34

Giliran MAN 2 Kota Probolinggo Diklat Jurnalistik

PEMBUKAAN: Humas MAN 2 Kota Probolinggo Abdul Ghofur membuka Diklat Jurnalistik Dasar bersama Tadatodays.com, Rabu (27/10/21). Diklat ini diikuti 20 pelajar yang merupakan pengelola Yournaler Pro-Exist, yaitu medianya MAN 2 Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Diklat jurnalistik dasar dalam persiapan Tadatodays.com Junior Journalist Competition (JJC) 2021 berlanjut. Rabu (27/10/21) diklat jurnalistik giliran digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Probolinggo yang berlokasi di Jl Soekarno-Hatta Kota Probolinggo.  

Hari pertama diklat jurnalistik di MAN 2 Kota Probolinggo pada Rabu pukul 08.00 dibuka oleh Humas MAN 2 Abdul Ghofur. Kepada para muridnya, Abdul Ghofur minta agar benar-benar memanfaatkan diklat ini untuk menggali ilmu jurnalistik. “Karena sudah pasti ilmu menulis ini akan sangat bermanfaat,” katanya dalam pembukaan diklat yang dilangsungkan di ruang Laboratorium Kimia MAN 2.

Baca Juga : Jadilah Jurnalis yang Patuh Kode Etik: Pesan Kepala SMAN 4 pada Diklat Jurnalistik Dasar

Ada 20 siswa/siswi MAN 2 yang mengikuti diklat jurnalistik. Mereka berasal dari kelas X dan XI. Yang menarik, para peserta diklat ini adalah pengelola Yournaler Pro-Exist, yaitu medianya MAN 2 Kota Probolinggo.

Baca Juga : Jadilah Jurnalis yang Patuh Kode Etik; Pesan Kepala SMAN 4 dalam Diklat Jurnalistik Dasar

Karena itu, kepada para peserta diklat, Ghofur berpesan agar nantinya ilmu dari diklat ini benar-benar diterapkan. “Ikuti dan pahami betul ilmu jurnalistiknya. Pada akhirnya, tunjukkan produk jurnalistik kalian. Kalau bisa (terbitnya media Yournaler Pro-Exist, red) tidak lagi 6 bulanan, itu terlalu lama, tetapi jadi 4 bulanan,” kata Abdul Ghofur.  

Selanjutnya, Direktur Multimedia Tadatodays.com Imam Wahyudi didapuk memberi sambutan. Ia menyatakan bahwa ilmu jurnalistik penting dimiliki oleh siapapun. “Mau jadi wartawan atau tidak, ilmu jurnalistik sangat penting. Sebab, selain perkara menulis, jurnalistik mendidik orang berpikir tertib dan runtut,” katanya.

Sebagai penutup acara seremoni pembukaan diklat, sempat dilakukan serah terima jabatan ketua Yournaler Pro-Exist. Jabatan ketua resmi diserahkan Aulia (kelas XII) kepada Virginius (kelas XI).     

Diklat jurnalistik di MAN 2 Kota Probolinggo juga akan dilangsungkan selama dua hari. Selain belajar tentang teori menulis, para jurnalis muda MAN 2 juga akan diajari teknik memotret, merekam video, bahkan memproduksi berita video untuk televisi.

Selain untuk regenerasi Yournaler Pro-Exist, diklat jurnalistik ini juga menjadi bagian dari persiapan mengikuti Junior Journalist Competition (JCC) 2021 gelaran Tadatodays.com. JCC 2021 digelar Desember nanti dalam rangka peringatan hari jadi Tadatodays.com. (ata/iwy)