Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-24 17:54:44

Gowes Klasik, Susuri “Amazon Mini”, Plt Bupati Launching Pantai Klasik Klaseman

GOWES KLASIK: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Forkopimda dan rombongan menikmati gowes klasik di Kecamatan Gending, Minggu (24/7/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Plt Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Gending, Minggu (24/7/2022), dengan suasana cair. Dalam agenda ini Plt Bupati Timbul bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo mengikuti gowes klasik dan susur sungai menggunakan perahu. Dalam kesempatan ini pula Plt Bupati Timbul melaunching wisata Pantai Klasik, Desa Klaseman, Gending.

Aktivitas Gowes Klasik ini mengambil start di Balai Desa Jatiadi, Kecamatan Gending,  pukul 07.10.  Sekitar 700 peserta Gowes Klasik pagi itu dilepas secara simbolis oleh Plt Bupati Timbul. Selain melepas start, Plt Bupati Timbul juga ikut bergowes bareng jajaran Forkopimda.

Baca Juga : Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Gelar Dianpinsat Penegak; Kak Timbul: Kader Pramuka Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Selanjutnya rombongan Gowes Klasik bergerak menempuh 3,5 kilometer menuju garis finish di Pantai Klasik, Desa Klaseman.

Baca Juga : Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Gelar Dianpinsat Penegak; Kak Timbul: Kader Pramuka Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

LAUNCHING WISATA: Memuncaki kunjungannya di Gending, Plt Bupati Timbul melaunching Wisata Pantai Klasik Klaseman.  

Sementara, rombongan Gowes Klasik Plt Bupati bareng Forkopimda tidak hanya menikmati kegiatan bersepeda, tetapi juga susur sungai. Sebelum Gowes Klasik mencapai finish, tepatnya di tepi sungai yang dijuluki “sungai amazon mini”, rombongan Plt Bupati dan Forkopimda berhenti lebih dulu. Mereka ganti menumpangi perahu yang disiapkan panitia menuju lokasi finish. Melalui susur sungai tersebut, rombongan Plt Bupati dan Forkopimda tiba di tepi Pantai Klasik.

Sedangkan ratusan peserta Gowes Klasik lainnya saat tiba di garis finish di lapangan volley pantai setempat. Para peserta itu antusias memasukkan nomor undiannya ke kotak undian untuk diundi dan ditukar hadiah doorprize.

Begitu peserta Gowes Klasik tiba di Pantai Klasik, Plt Bupati Timbul secara simbolis meresmikan wisata Pantai Klasik. Usai launching, para peserta dihibur musik elekton dan pengundian doorprize.

Plt Bupati Timbul mengaku gembira dengan bertambahnya destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo. Sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan wisata untuk dikunjungi di Kabupaten Probolinggo. "Harapan saya tentunya Pantai Klasik ini menjadi bagian dari masyarakat sebagai pilihan-pilihan alternatif dalam rangka destinasi wisata," terangnya.

Plt Bupati Timbul juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo agar terus berkarya dan berkreasi. Sehingga daerah-daerah yang memang punya peluang untuk dijadikan destinasi wisata, bisa ditingkatkan. "Yang belum ada, ayo bersama-sama untuk bagaimana daerah kita ini bisa maju. Terutama di bidang pariwisata," tutur Timbul. 

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan, Gowes Klasik ini dalam rangka meningkatkan imun. Sedangkan tujuan lainnya adalah dalam rangka launching atau peresmian wisata Pantai Klasik yang merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Probolinggo. "Tadi sudah dilaunching Bapak Plt Bupati. Harapannya, masyarakat sekitar Dusun Pantai, Desa Klaseman ini bisa lebih makmur, bisa lebih sejahtera lagi," terangnya.

SUSUR SUNGAI: Selain bergowes, Plt Bupati Timbul dan rombongan juga menikmati susur sungai.

Pria berkacamata ini menyampaikan “sungai amazon mini”, ini merupakan aliran sungai yang biasa dilalui para pemancing luar kota menuju laut setempat. Para pemancing biasanya berasal dari Surabaya, Malang, dan kota lainnya. "Dari luar Kabupaten Probolinggo sudah sering melewati jalur itu bersama para nelayan yang mengantar ke tengah laut," ungkapnya.

Sementara, Pantai Klasik disebut sebagai “Tanah Lot” ala Kabupaten Probolinggo. Karena itu, Andi berharap, usai diresmikan, semakin banyak pengunjung, meningkatkan income masyarakat. Dengan begitu, masyarakat sekitar Pantai Klasik ini semakin sejahtera.

Asal muasal pengembangan Pantai Klasik ini menurutnya adalah merupakan kebutuhan masyarat yang disampaikan kepadanya saat reses anggota dewan. Alhasil, pengembangan Pantai Klasik menjadi destinasi wisata, terwujud saat ini.

"Tentunya ini masih butuh support infrastruktur, penunjang lainnya juga masih belum. Insha Allah tahun depan ini bisa ada pembangunan kembali, seperti sarana prasana lainnya. Yang terpenting pelaku wisata, dan Pokdarwis sudah ada disini. BUMDes juga harapannya bisa bergabung untuk mengelola Pantai Klasik ini agar lebih ramai lagi," ujar Andi. 

Eni Suharti, 57, seorang warga Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, yang ikut Gowes Klasik, mengatakan bahwa masyarakat sangat mendukung kegiatan ini. Terlebih, ia berhasil meraih dua doorprize yang disiapkan oleh panitia. "Alhamdulillah, karena ada kupon dan hadiahnya. Saya dapat, ikut gowes," kata wanita berjilbab ini. (*/hla/why)