Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-09 19:31:38

Grand Final Kang dan Yuk, Pemenang Siap Promosikan Wisata di Kota Probolinggo

PARA JAWARA: Pemenang Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2020 mendapat slempang Kang Yuk Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Grand Final Pemilihan duta wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2020 digelar di Hallroom CU Mandiri di Jalan Mohammad Saleh, Kota Probolinggo, Selasa (8/12/2020) malam.

Grand final ini Diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari 28 peserta Yuk dan 19 peserta Kang, sampai akhirnya terpilih 7 Pasang finalis Kang dan Yuk Kota Probolinggo. Dari 7 pasang finalis itu nantinya akan dinobatkan pemenang Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo tahun 2020, Wakil I Kang dan Yuk Kota Probolinggo, dan Wakil II Kang dan Yuk Kota Probolinggo, serta Kang dan Yuk Favorit.

Baca Juga : Datangi 4 Proyek Fisik, Komisi 3 DPRD Kota Probolinggo: Jangan Sampai Putus Kontrak

Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana mulai proses awal sampai proses wawancara semua dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara virtual.

Baca Juga : Ketua Komisi 2 DPRD Kota Probolinggo Terkonfirmasi Positif Covid-19

Acara ini dihadiri langsung Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama sang istri, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rini Setyowati, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo Budi Krisyanto, serta Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur.

Kepala Dispopar Kota Probolinggo, Budi Krisyanto dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo tetap digelar meskipun masih pandemi Covid-19. Budi Krisyanto menlanjutkan, kegiatan ini tetap terlaksana berkat kebijaksanaan dari Wali Kota Probolinggo yang masih mengalokasikan anggaran kegiatan pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo.

SIAP PROMOSI WISATA: Para finalis Kang dan Yuk Kota Probolinggo saat foto bersama Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Wali Kota meminta agar Kang dan Yuk aktif mempromosikan pariwisata di Kota Probolinggo.

 “Sebab di saat kondisi keuangan daerah di-refocusing beberapa kali untuk difokuskan kepada penanganan Covid-19, justru Wali Kota masih mengizinkan untuk tetap menggelar kegiatan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2020,” kata pria yang karib disapa Budikris itu.

Budikris mengatakan kegiatan Grand Final pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2020 merupakan agenda rutin, dan harus ada dampak yang diambil para peserta.

"Para adik duta pariwisata, sebenarnya makna yang diambil sebagai Duta Wisata Kang dan Yuk adalah sebagai corong untuk menyampaikan atau menyebarluaskan sebagai marketingnya Kota Probolinggo. Sekarang masih pandemi Virus Corona, harus kreatif. Mereka punya kreasi supaya orang mau datang berkunjung ke Kota Probolinggo," harapnya.

Budi Krisyanto juga berharap, agar Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo terpilih nantinya bisa jadi contoh teladan bagi putra putri yang lain khususnya di Kota Probolinggo.

KANG YUK FAVORIT: Kepala Dispopar Kota Probolinggo, Budi Kriyanto, saat memasang slempang kepada Kang dan Yuk Favorit Kota Probolinggo 2020.

"Selain memastikan dan memasarkan tempat wisata di Kota Probolinggo aman untuk dikunjungi, mereka juga harus menunjukkan ketaatannya terhadap protokol kesehatan Covid-19. Intinya, pengetahuan dan keterampilan harus disiapkan, adik-adik semua menjadi contoh bagi pemuda pemudi yang lain," tutup Budi Krisyanto.

Sementara, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagai Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo wajib paham dengan tugas, dan melaksanakannya dengan baik sehingga bisa bermanfaat di hadapan masyarakat.

"Demi memajukan pariwisata Kota Probolinggo, jaga nama baik Kota Probolinggo. Tugas utam para Duta Wisata adalah membantu Pemkot mempromosikan pariwisata Kota Probolinggo," jelasnya.

Menurut Wali Kota, Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo tahun 2020 ini memiliki tantangan besar. Dimana, di saat pandemi saat ini, mereka diharapkan mampu menjadi bagian dari pemulihan ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

"Peran Kang dan Yuk dalam pemulihan ekonomi di saat kondisi pandemi Covid-19 diharapkan kreatif dalam memajukan sektor pariwisata, sehingga segala sektor di dalamnya bisa ikut terangkat," tutup Wali kota.

Sementara, dewan juri pada malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kota Probolinggo tahun 2020 ini terdiri dari 5 orang. Di antaranya, Pandu Satria Hutama selaku dosen pariwisata Universitas Jember, Kyagus Badius Sani selaku Raka Jawa Timur 2018, Sita Rini selaku Yuk Kota Probolinggo tahun 1997, Kepala Dispopar Kota Probolinggo Budi Krisyanto, dan Steby Julionathan selaku Kang Kota Probolinggo 2006.

WAKIL I DAN II: Sekdakot drg. Ninik Ira Wibawati saat memasang slempang Wakil I dan II Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2020.

Dari 7 finalis tersebut, kemudian dipilih 3 besar finalis Kang dan 3 besar finalis Yuk Kota Probolinggo. Untuk 3 finalis Kang yaitu Kang Anggerys Arif Al Farizi, Kang Michael Jonathan Hansel Winarko, dan Kang Naufal Daffa Chrisna Syahputra. Sementara, 3 finalis Yuk yaitu Yuk Dhia Ayu Zahisyah Augusta, Yuk Allycia Diaz Maharani, DAN Yuk Sesillia Putri Maharani.

Tiga pasang finalis tersebut kemudian diuji kemampuannya oleh para dewan juri. Di tahapan ini, ketiga finalis Kang dan Yuk diuji intelegensinya, publik speaking, serta pengetahuannya tentang pariwisata.

Tidak lama kemudian, dari 3 pasang finalis Kang dan Yuk, terpilih lah Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo tahun 2020. Yaitu, Kang Anggerys Arif Al Farizi dan Yuk Dhia Ayu Zahisyah Augusta, Wakil I Kang Michael Jonathan Hansel Winarko dan Yuk Allycia Diaz Maharani dan Wakil II Kang Naufal Daffa Chrisna Syahputra dan Yuk Sesillia Putri Maharani. (mel/don)