Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-26 04:42:12

Gubernur Jawa Timur Lantik Pjs Wali Kota Pasuruan

PELANTIKAN: Pertemuan penyelenggara pemilu, Dandim 0819, Kapolres, perwakilan Pemkot Pasuruan saat menyaksikan secara daring pelantikan pejabat sementara di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik enam Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Daerah Kubupaten/Kota di Jawa Timur Jumat, (25/09/2020). Termasuk Kota Pasuruan. Sebab wali kotanya, Raharto Teno Prasetyo mengajukan cuti untuk mengikuti pilkada serentak 2020.

Guna mengisi kekosongan jabatan itu dilantiklah Ardo Sahak, Asisten Pemerintahan dan Kesra Jawa Timur menjadi menjadi Pjs Wali Kota Pasuruan di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kokoh Arie Hidayat mengatakan setelah pelantikan itu Pjs sudah aktif menjabat. Karena Sabtu hingga Minggu, pemkot libur, PJs produktif bekerja dimulai hari Senin, (28/09/2020).

"Beliau memiliki kekuasaan penuh yang sama sebagai wali kota definitif selama 71 hari. Fungsinya sama dalam pengambilan keputusan," ucapnya setelah melakukan pertemuan daring sekira pukul 21.00 WIB.

Kokoh mengatakanagenda terdekat pemkot adalah bersama DPRD membahas Rancangan Anggaran Belanja Daerah (RAPBD). "Pjs walikota sudah bisa tanda tangan, bahkan di poin 5 beliau juga bisa melakukan mutasi," jelasnya kepada Tadatodays.com

Menurut Kokoh dalam penyampaian Gubernur sendiri, dia berpesan untuk Pjs wali kota perlu hati-hati dalam mengambil keputusan. Agar tidak gegabah karena pertanggungjawabannya kepada menteri dalam negeri.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan bahwa Surat Permohonan Izin masih belum diserahkan ke KPU Kota Pasuruan oleh Raharto Teno Prasetyo. Tetapi melalui surat tembusan dari Gubernur Jawa Timur sudah ada sejak 5 September kemarin.

"Penyerahan berkas Izin cuti untuk disampaikan ke KPU paling lambat hari pertama masa kampanye," ungkapnya saat ditemui dikantornya. (ang/hvn)