Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-25 12:03:47

Gudang Gedank Cell Soetomo Terbakar, Dipicu Korsleting

PEMADAMAN: Upaya pemadaman kebakaran gudang di ruko Gedang Cell di Jalan Dr Soetomo Kota Probolinggo, Senin (25/7/2022) dini hari.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gudang dalam ruko Gedank Cell Soetomo yang terletak di Jl. Dr. Soetomo 29 Kota Probolinggo, terbakar, Senin dini hari (25/7/2022). Api yang membakar gudang di ruko depan Toko ABC itu diduga dipicu korsleting listrik.

Asih Bagus Kurniawan, salah seorang promotor Gedank Cell mengatakan kepada tadatodays.com, memang ada kulkas yang hidup di dalam gudang. Menurutnya, dari aliran listrik kulkas itulah kemungkinan terjadinya korslet. “Memang ada kulkas di dalam gudang ini, kemungkinan aliran listriknya dari situ,” tuturnya saat ditemui Senin pagi.

Baca Juga : Ditinggal Mencari Ikan, 5 Sepeda Motor Nelayan Paiton Terbakar

Asih baru mendapat kabar kebakaran itu dari kepala toko sekitar pukul 03.30. Saat itulah ia langsung ke lokasi gudang Gedank Cell, dan melihat api menjalar begitu cepat.

Baca Juga : Kapal Terbakar di Paiton, 25 Awak Terselamatkan

Syukur saja tidak sampai ada korban jiwa. Gudang itu terletak di bagian paling belakang ruko. Ada pintu besi pembatas dari gudang dan ruang utama ruko. Jadi, semua HP yang terletak di ruang utama, aman dari kebakaran. “Untungnya HP-HP ini aman. Untung ada pintu besi,” ujarnya.

Menurut Asih Bagus, pihak toko belum bisa memastikan kerugian akibat kebakaran ini. Yang jelas, sejumlah barang yang seharusnya digunakan, lenyap dilumat api. Asih Bagus menyebut di antaranya satu kulkas, sepuluh lebih etalase, dan beberapa barang lainnya. “Terus pada saat kejadian tidak ada korban jiwa. Karyawan pada pulang,” katanya.

Untuk mengatasi kebakaran ini, tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo menurunkan tiga unit kendaraan damkar. Kasi Damkar pada Satpol Pp Kota Probolinggo Abdullah mengatakan, pemadaman api membutuhkan waktu sampai 3 jam. Sekitar pukul 04.30 api berhasil dipadamkan, termasuk pendinginannya.

Menurut Abdullah, sesuai dugaan, api berasal dari korsleting listrik. Pada saat masuk ruko itu pertama kali, petugas damkar kesulitan. Sebab, ruko dalam keadaan terkunci gembok. Sedangkan pemiliknya sedang berada di luar kota. Ruko baru bisa dibuka setelah karyawan Gedank Cell yang memegang kunci datang. “Saat armada tiba, toko dalam keadaan terkunci, jadi kami kesulitan akses masuk,” ucapnya. (alv/why)