Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-02 21:19:36

Gudang Pengeringan Ikan Rusak Akibat Banjir Rob

SEMENTARA: Sejumlah warga Dusun Pesisir, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton mengumpulkan pasir yang digunakan untuk membangun tanggul sementara. Selain tanggul, banjir rob juga merusak gudang tempat pengeringan ikan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo anggarkan Rp 850 juta untuk perbaikan kerusakan tempat pengeringan ikan yang terletak di Dusun Pesisir, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton. Salah satunya kerusakan pada tembok pagar yang jebol akibat banjir rob, yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kasi Mutu dan Diversivikasi Produk Perikanan pada Diskan setempat, Agus Syaiful Rizal menuturkan, perbaikan tersebut seharusnya sudah terealisasi pada bulan Februari 2021 lalu dengan total anggaran sekitar Rp 1,5 milyar.

Baca Juga : Dikunjungi Menteri KKP, Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan akan Dikembangkan

Namun karena adanya refocusing, maka pegerjaannya tertunda dan anggaran dikurangi hingga menjadi Rp 850 juta untuk pembangunan tembok yang panjangnya mencapai 65 meter itu. "Saat ini masih proses lelang,"katanya pada tadatodays.com, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga : Status UPT Dihapus, Balai Benih Ikan Kedungasem Terbengkalai

Tak hanya pagar gudang, pihaknya juga akan melakukan perbaikan untuk gedung-gedung pengeringan ikan tersebut. Total anggaran yang dipersiapkan untuk pembangunan gedung sekitar 704 juta rupiah.

Untuk mengantisipasi adanya banjir rob susulan, kini pihaknya bekerjasama dengan penyewa yang terdiri dari masyarakat sekitar. Dengan cara membangun tanggul-tanggul sementara menggunakan sak pasir.

Agus memastikan kalau perbaikan yang dimaksud akan terealisasi di tahun 2021 ini. (zr/don)