Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-23 16:53:53

Gudang Siap Serap 30 Ribu Ton Tembakau Kabupaten Probolinggo

TEMBAKAU: Tembakau hasil tanam petani di Kabupaten Probolinggo bakal diserap oleh gudang-gudang setempat, dengan estimasi jumlah sekitar 30 ribu ton.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo sudah lakukan koordinasi dengan gudang-gudang tembakau yang ada di wilayah setempat. Dari hasil koordinasi itu, semua gudang siap membeli tembakau petani Kabupaten Probolinggo pada tahun 2021.

Koordinasi itu dilakukan dengan cara komunikasi melalui ponsel dan surat menyurat melalui pos. Sementara untuk koordinasi tatap muka masih belum dilakukan pihak DKPP dan pihak gudang, karena masih pandemi.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Siapkan Pupuk Gratis, Ini Syaratnya

Kabid Perkebunan pada DKPP setempat, Nurul Komaril Asri mengatakan, jika ditotal pihak gudang dapat menampung 13 ribu ton tembakau. "Sekitar ada 7 gudang tembakau," katanya pada tadatodays.com, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga : Ditarget 10 Ribu Hektare Lebih, DKPP Tambah Dua Kecamatan Tanam Tembakau

Menurutnya, luas area tanaman tembakau yang ditargetkan mencapai 10.774 hektare dapat menghasilkan sekitar 12 ribu ton tembakau. Sehingga besar peluang untuk tembakau lokal bakal laku semua. Terlebih pihaknya meminta kepada pihak gudang agar tidak membeli tembakau dari daerah luar.

Nurul berharap agar para petani tembakau tidak cemas kalau tembakaunya bakal tidak laku. Menurutnya, dengan kesiapan semua gudang tembakau untuk membeli tembakau lokal itu dapat menampung seluruh tembakau milik petani setempat.

Sementara, waktu penanaman tembakau disarankan bisa dimulai dari akhir bulan Mei hingga akhir Nuni nanti. (zr/don)