Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-11 19:22:39

Gudang Tembakau di Kabupaten Probolinggo Buka Akhir Agustus

TANAM: Petani di Kabupaten Probolinggo masih merawat tanaman tembakaunya, dan berharap bisa terbeli oleh pihak gudang yang rencananya mulai buka pada Agustus mendatang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gudang tembakau di Wilayah Kabupaten Probolinggo bakal dibuka dan membeli tembakau petani lokal pada bulan Agustus 2021 mendatang. Hal itu dipastikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat, usai melakukan koordinasi dengan para gudang tembakau setempat.

Kabid Perkebunan pada DKPP setempat Nurul Komaril Asri, menyampaikan kalau koordinasi itu dilakukan dengan surat menyurat ataupun via telepon. Dalam koordinasi itu, pihak gudang berjanji akan membuka pada akhir Agustus mendatang.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Siapkan Pupuk Gratis, Ini Syaratnya

Juga ada sebagian dari sekitar 7 gudang tembakau itu berjanji akan membuka pada bulan September 2021. Namun pihaknya meminta semua gudang sudah membuka pada bulan September. "Kami minta pertengahan bulan (September,)," katanya, Minggu, (11/7/2021).

Baca Juga : Ditarget 10 Ribu Hektare Lebih, DKPP Tambah Dua Kecamatan Tanam Tembakau

Nurul berharap para petani untuk tidak risau akan tanaman tembakaunya di tahun ini. Karena gudang tembakau dapat menampung  13 ribu ton tembakau milik petani Probolinggo. Petani hanya perlu merawat tanaman tembakaunya, tanpa mengkhawatirkan tembakaunya tidak terbeli saat panen nanti. "Agar nanti bagus hasilnya," ujarya.

Jika nantinya ada petani yang panen lebih awal, maka disarankan agar tembakaunya disimpan terlebih dulu. "Berharap tidak panen awal," katanya. (zr/don)