Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-21 15:33:32

Gunung Raung Kembali Erupsi, Status Tetap Level I

GUNUNG API: Kondisi visual Gunung Raung yang mengalami erupsi kecil, namun statusnya masih tetap normal. (foto: PPGA Gunung Raung)

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Gunung Raung yang lokasinya berbatasan langsung dengan kabupaten Banyuwangi, Jember dan kabupaten Bondowoso, kembali mengalami erupsi, Kamis, 21/1/2021. Akan tetapi, hingga Kamis sekitar pukul 10.00 WIB status Gunung Raung masih tetap pada level I atau normal.

Dari pengamatan visual, terlihat asap yang keluar dari dalam kawah berwarna kelabu dan bertekanan lemah. Ketinggian asap itu antara 100-400 meter di atas puncak kawah.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo saat dikonfirmasi wartawan, membenarkan jika Gunung Raung mengalami erupsi kecil. "Ada peningkatan kegempaan sejak tadi malam, dan pagi ini terjadi erupsi kecil ," kata Mukijo, Kamis (21/1/2021).

Meski mengalami erupsi sejak tadi malam, lanjut Mukijo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung mencatat bahwa kondisi itu masih kategori erupsi kecil. Karenanya, status Gunung Raung masih level I (normal).

Dikatakan Mukijo, pihaknya akan melaporkan dan mengkaji lebih lanjut, apakah statusnya Gunung Raung masih tetap level 1 atau dinaikan menjadi level 2 (waspada).

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan  mengikuti rekomendasi dari PVMBG. "Sudah kami infokan ke pos-pos pendakian," tutup Mukijo.

Sebagai informasi, Gunung Raung terakhir mengalami erupsi pada Kamis (16/7/2020) lalu. Saat itu, asap berwarna coklat terlihat jelas keluar dari puncak kawah.

Kemudian pada Jumat (17/7/2020) pukul 14.00 WIB, status Gunung Raung resmi dinaikkan PVMBG dari level I menjadi level II.

PVMBG kemudian terus melakukan evaluasi terhadap status Gunung Raung. Lalu, terhitung pada 27 November 2020, gunung purba tersebut turun statusnya dari Level II ke level I. (usm/don)