Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-06 11:16:23

Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Guguran, Waspadai Luncuran Lahar

VISUAL: Gunung Semeru tidak terlihat jelas dari PPGA Semeru karena tertutupi kabut dan awan, Senin (6/12) pagi.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas guguran (apg), pada Senin (6/12) pagi, sekira pukul 07.57 Wib.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Semeru, Liswanto, mengatakan erupsi Gunung Semeru masih ada potensi APG. Dalam alat alat ukur Seismograf yang terletak di Pos Pantau Gunung Sawur Kabupaten Lumajang, APG terjadi pada pukul 07.57 Wib. "APG amak 24 mili meter," ujarnya, saat ditemui di PPGA Semeru.

Baca Juga : Tidak Ada Korban, Awan Panas Guguran Semeru Terhenti di Gumukmas

Sementara melalui akun resmi Pusat Vulkanolgi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Semeru masih berada di level 2 atau waspada sejak Mei 2012. Bahkan, setiap hari ada letusan atau erupsi dengan jumlah rata-rata 25 kejadian.

Baca Juga : Komunitas Cat Rescue Selamatkan Kucing di Kawasan Erupsi Gunung Semeru

Oleh karena itu, Liswanto mengimbau bagi masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan. "Perlu diwaspadai potensi luncuran lahar di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan," katanya.

Kemudian, mewaspadai ancaman lahar di alur sungai dan lembah yang berhulu Gunung Semeru. Mengingat, banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk

Sebelumnya, dalam pengamatan visual, Gunung Semeru masih tetap tertutup kabut tebal. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan dan mendung. Sementara angin lemah mengarah ke arah selatan. (ang/don)