Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-29 23:35:37

Gus Ipul-Adi Wibowo Semakin Kuat, PAN-PPP Bakal Ikut Bergabung

DUKUNGAN PARPOL: PAN dan PPP disebut-sebut bakal mendukung Gus Ipul-Adi Wibowo. SInyal itu disampaikan pengurus kedua parpol.

PASURUAN, TADATODAYS.COM – Peluang adanya poros baru selain petahana Raharto Teno Praseto-Hasjim Asyari dan Gus Ipul-Adi Wibowo pupus. Itu setelah sejumlah parpol memberikan rekomendasi pada salah satu di antara kedua kandidat.

Poros baru yang sedianya digalang Gerindra, PKS, PAN, dan PPP seiring waktu buyar. Gerindra memutuskan mendukung Teno-Hasjim, sementara PKS sudah merekomendasikan Gus Ipul-Adi Wibowo.

Baca Juga : Sama-sama Melanggar, Bawaslu Copot 3 APK Milik Teno-Hasjim dan Gus Ipul-Adi

Bagaimana dengan PAN dan PPP? Kedua parpol tersebut disebut-sebut sudah memutuskan mendukung Gus Ipul-Adi Wibowo menyusul PKS. Sinyal mendukung pasangan tersebut diungkapkan internal pengurus masing-masing.

Baca Juga : Ingatkan Netralitas ASN, Nge-Like Unggahan Paslon Pun Pelanggaran

“DPP PAN memutuskan memberikan dukungan pada pasangan Gus Ipul-Adi Wibowo. Dukungan itu disampaikan kepada kami (secara lisan, Red) oleh DPP, Rabu (26/8/2020) malam,” terang Ketua DPD PAN Kota Pasuruan, Helmi, Sabtu (29/08/2020).

Helmi menyebut, rekomendasi PAN bakal sampai ke Kota Pasuruan, Minggu (30/08/2020). “Hasil keputusan rapat tim pilkada DPP memutuskan dukungan ke pasangan PKB dan Golkar. Insyaallah Minggu, rekomendasi kami terima,” terangnya.

Pernyataan senada disampaikan Sekretaris DPC PPP Kota Pasuruan Mukarromah. “Berdasarkan hasil musyawarah rapat harian DPC PPP, serta arahan dan petunjuk ketua DPC, DPW, dan DPP akan mengusung Gus Ipul-Adi Wibowo. Namun untuk rekomendasi masih belum turun,” ujarnya.

Mukaromah belum dapat memastikan rekomendasi dari DPP PPP kapan turun. “Ketika rekomendasi turun, kami segera jadwalkan deklarasi. Tentunya sebelum pendaftaran pasangan calon,” tegasnya.

Jika PAN dan PPP resmi mendukung Gus Ipul-Adi Wibowo, maka pasangan ini mengantongi dukungan mayoritas parpol parlemen. Total 21 kursi. PKB 8 kursi, Partai Golkar 7 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1. (ang/sp)