Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-06 13:44:33

Hari Pertama Penyekatan di Tiga Lokasi, Polres Probolinggo Putar Balik 60 Kendaraan

LALU LINTAS: Petugas gabungan saat memeriksa kendaraan di kawasan exit Tol Leces, Kamis (6/5) siang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo menyiapkan tiga titik pos penyekatan untuk mengantisipasi adanya mudik lebaran tahun 2021. Ketiga pos penyekatan itu berada di jalan pantura masuk Desa Binor, Kecamatan Paiton, di pintu keluar (exil tol) Leces, dan di Jalan Raya Malasan, Kecamatan Tegalsiwalan.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ponsen Dadang Martianto menjelaskan, tiga pos penyekatan ini mempunyai peran masing-masing. Untuk pos penyekatan di wilayah Paiton, mengantisipasi adanya pemudik yang datang dari arah timur, di antaranya Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Baca Juga : Diadukan karena Jual Pupuk Subsidi Di Atas HET, Pemilik Kios Dipanggil Polisi

Kemudian pos penyekatan yang ada di exit Tol Leces, untuk mengantisipasi adanya pemudik yang datang dari arah barat, di antaranya Sidoarjo dan Surabaya. Sedangkan pos penyekatan yang ada di Malasan, untuk antisipasi pemudik yang ada dari arah selatan Lumajang.

Baca Juga : Lantaran Menjual Mobil Orang, Warga Pakuniran Diamankan

Dadang menilai, adanya pos penyekatan ini cukup efektif untuk mengantisipasi adanya pemudik. Pasalnya, sejak dilakukan pemeriksaan kendaraan sejak Kamis (6/5/2021) sekira pukul 00.00 WIB hingga Kamis (6/5) siang, sudah ada puluhan kendaraan pemudik yang diminta untuk putar balik. "Ada sekitar 60 kendaraan," katanya.

Pos pos tersebut, selain untuk penyekatan, juga berfungsi sebagai pos pantau untuk arus kendaraan lalu lintas. Termasuk pos pantau yang ada di depan Alun-alun Kota Kraksaan.

Dadang mengimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Probolinggo, untuk tidak mudik. Hal itu semata-mata untuk kebaikan bersama, dalam pencegahan penyebaran covid-19. (zr/don)