Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-17 13:32:21

Hasil Swab Kasus Pembongkaran Peti Jenazah Covid Negatif

LEGA: 12 orang yang diswab pasca kasus bongkar peti jenazah covid di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces dinyatakan negatif.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo sudah melakukan tracing dan tes swab terhadap kontak erat dan pelaku pembongkaran peti jenazah pasien positif covid-19, di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces. Dari tes swab dengan metode Pholymerase Chain Reaction (PCR) terhadap 12 dari 18 orang itu, kesemuanya dinyatakan negatif.

Dari 18 orang tersebut, 9 orang dikakukan swab di halaman rumah almarhumah Saidah. Lalu disusul oleh tiga orang lainnya yang diswab di Puskesmas Leces, pada Jumat (13/8/2021) lalu.

Baca Juga : Penyelidikan Kasus Bongkar Peti Jenazah Covid Dilanjutkan

Hal itu disampaikan oleh Camat Leces, Syarifudin. Saat dikonfirmasi ia mengatakan saat ini tersisa 6 orang yang masih belum dilakukan swab PCR. Namun sampai sejauh ini, 6 orang tersebut belum ada kesadaran untuk melakukan swab di puskesmas setempat.

Baca Juga : Swab Kontak Erat Kasus Bongkar Peti Jenazah, 9 Tak Hadir

Dari pengamatan timnya, Syarifudin menjelaskan keenam orang tersebut hanya membantu memegang peti jenazahnya saja, dan tidak memegang langsung terhada jenazah. Sementara yang memegang jenazah merupakan keluarga duka. "Yang 9 orang swab pertama itu sudah," terangnya, Selasa (17/8/2021).

Menurut Syarifudin, hasil swab dari 12 orang yang dinyatakan negatif tersebut sudah cukup menjadi sampel bahwasanya tidak ada yang tertular covid-19. Sehingga pihaknya masih belum mengetahui tindakan yang akan dilakukan terhadap 6 orang yang belum diswab. "Mereka hanya kontak erat dengan petinya saja," katanya.

Diketahui, pembongkaran peti jenazah covid-19 almarhumah Saidah, 34, warga Desa Tigasanwetan, terjadi pada Minggu (8/8) lalu. (zr/don)