Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-04 18:49:51

Hati-Hati, PJU Jl. Raya Raci Sebagian Mati, Dinas PU Bina Marga Lakukan Perbaikan

PERBAIKAN: Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan tengah memperbaiki PJU di Jl. Raya Raci.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Para pengemudi kendaraan yang melintas di Jl.Raya Raci-Bangil hingga Jl Pantura Pasuruan-Surabaya diharapkan berhati-hati. Sebab, saat malam hari sebagian lampu jalan atau penerangan jalan umum (PJU) ada yang mati.

Dari pantauan Tadatodays.com, sepanjang jalan perbatasan masuk Kota Pasuruan hingga perbatasan Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan ada sekitar 28 lampu yang mati dari 200-an PJU. Di antara 28 lampu itu ada yang mati separoh juga penuh. Di depan Gedung DPRD setempat, penerangan sedikit gelap pada Selasa (3/11/2020).

Di sisi lain, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Pasuruan merespon cepat pengaduan lampu mati ini dengan menerjunkan petugas perbaikan lampu jalan. Utamanya untuk mengoptimalkan penerangan di malam hari. Secara bertahap, pemeliharaan lampu terus dilakukan agar tidak terjadi hal yang merugikan.

"Ya kami terus lakukan perbaikan. Itu sudah tugas kami. Benar apa yang dikatakan masnya. Kalau perawatan itu pihak ketiga, karena tidak ada uangnya jadi kami terjunkan petugas sendiri," ungkap Kepala Dinas PU Bina Marga Hanung Widya Sasangka saat ditemui di kantornya.

Selain itu, ia memaparkan pada tahun 2019 tercatat ada 17.000 titik PJU yang tersebar di seluruh Kabupaten Pasuruan. Kemudian tahun 2020 ada penambahan 5.000 titik kembali, total seluruhnya sekitar 22.000-an PJU.

Maka dari itu, perawatan perbaikan PJU bukan satu-satunya. Tapi ada perawatan infrastruktur jalan dan dahan pohon. "Total anggarannya sekitar Rp 12 miliar, ini yang tidak kami refocusing di tengah pandemi covid-19. Karena sifatnya pemeliharaan dan saat pembahasan, ini yang saya pertahankan," paparnya. (ang/hvn)