Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-08 18:43:47

Hebat! Pelajar MAN 1 Banyuwangi Ciptakan Robot Pemindah Barang

TEKNOLOGI: Musinul Wafa dan kawan-kawan telah mengharumakan nama daerahnya dan sekolahnya yaitu MAN 1 Banyuwangi, setelah menciptakan robot pemindah barang dan menjadi jawara dalam lomba di Hongkong dan Afrika.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Pelajar MAN 1 Banyuwangi menekuni dunia teknologi. Para pelajar kini menciptakan robot jenis transformer pemindah barang, hingga menjuarai perlombaan tingkat internasional di dua negara yaitu Hongkong dan Afrika.

Walaupun di masa PPKM dan pembelajaran sekolah di Kabupaten Banyuwangi masih daring, namun tidak membuat pelajar di MAN 1 Banyuwangi bermalas-malasan. Di tengah pandemi, mereka justru berhasil membuat robot dan menjadi jawara di kancah internasional.

Diciptakannya robot pemindah barang tersebut disesuaikan dengan tema dari perlombaan yang mereka ikuti. Yakni yang berkaitan dengan pandemi virus Corona.

Dengan adanya robot tersebut, maka selama masa pandemi pekerjaan bisa lebih mudah serta aman dari ancaman virus covid-19. “Sebab semua pekerjaan di gudang tanpa menggunakan tenaga manusia,” kata ketua tim Musinul Wafa.

Musinul mengatakan, robotik yang ini diciptakan nantinya akan disempurnakan dengan pengendali jarak jauh selama digunakan di dalam Gudang. “Bisa digunakan untuk penyemprotan desinfektan di ruangan,” tuturnya. (dik/don)