Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-22 13:57:29

Heboh, Cabai Pakai Pewarna Cat di Banyuwangi

ADA-ADA SAJA: Video cabai yang mengeluarkan cairan berwarna saat dimasak bikin heboh netizen. Kini, sisa cabai yang diduga dicat tersebut telah diamankan Polresta Banyuwangi. (foto: istimewa)

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Warga Banyuwangi dihebohkan dengan beredarnya video cabai yang mengandung cat pewarna,  Jumat (19/3/2021) lalu, di media sosial facebook (fb). Video tersebut diunggah oleh akun fb bernama “Agung Emfet Putra Blambangan”.

Setelah ditelusuri, akun tersebut milik Agung Prasetyo Hadi, 31, warga Dusun Sidoagung, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Baca Juga : Meroketnya Harga Cabai jadi Penyumbang Inflasi Terbesar di Jember

Dalam video tersebut, Agung mengunggah aktivitas neneknya yaitu Suryati, saat memasak cabai rawit yang dibelinya dari seorang pedagang sayur keliling. Saat itu, sang nenek membeli sebungkus cabai dengan berat 1 ons seharga Rp 11 ribu. Menurut Agung, nenek membelinya karena tergiur karena warna cabai yang mencolok.

Baca Juga : Pantau Cabai Bercat, Diskopumdag Banyuwangi Sebar Tim Monitoring

Sebelum dimasak, Suryati lebih dulu mencuci cabai tersebut. Saat itu, tidak ada tanda-tanda jika cabai tersebut dicat karena tidak sampai luntur saat terkena air.

Namun, keanehan muncul ketika cabai ditumis bersama bawang merah dan bawang putih pada minyak goreng yang sudah panas di atas wajan. Saat itulah cabai mulai meletup, hingga mengeluarkan cairan yang diduga seperti cat.

Dalam unggahan video tersebut, Suryati mengatakan bahwa waktu dicuci warna pada cabai tersebut tidak luntur. Tapi saat ditumis, cabai itu mengeluarkan cairan kental berwarna oranye kemerahan. “Lalu saya lapor ke cucu saya,” kata Suryati, Senin (22/3).

Mengetahui adanya keanehan, Agung langsung merekam dan mengunggah video tersebut ke fb. Tujuan Agung mengunggahnya agar masyarakat lebih waspada. Agung juga sengaja masih menyimpan cabai tersebut untuk dijadikan barang bukti, jika ditindaklanjuti kepolisian.

Suryati mengatakan, bahwa Agung sudah dipanggil polisi untuk dimintai keterangannya. “Sisa cabai juga dibawa ke Polresta,” kata Suryati. (peb/don)