Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-15 17:52:49

Hendak Curi Kotak Amal, Tuna Wicara Ini Diamankan

DIAMANKAN: Warga mengamankan seorang pria yang dicurigai hendak mencuri kotak amal di musala.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Aksi percobaan pencurian kotak amal di terjadi di musala Al Firdaus, RT/RW 03 Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jumat (15/1/2021) pagi. Beruntung warga berhasil menggagalkan aksi pelaku, dan diserahkan ke kepolisian.

Pelaku tersebut yakni Solihin, warga Desa Patalan, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo.  Ia juga sorang tuna wicara, dan dikabarkan sudah tiga kali lebih melakukan perbuatan yang sama.

Baca Juga : Ditinggal Rapat, Motor Karyawan EO Dicuri

Warga setempat, Dwi Wahyuni, 23, mengatakan, aksi pelaku diketahui oleh Fatoni, warga setempat, karena kelihatan di toko depan gang atau sebelah barat jalan.

Baca Juga : Lagi, Motor Karyawan Toko Jadi Sasaran Pencuri

Dwi menceritakan, Fatoni melihat gerak gerik pria itu mencurigakan, kemudian memasuki musala. Saat masuk musala, pria tersebut menyembunyikan sandalnya. “Pelaku ada di depan kotak amal, belum tau memegang (kotak amal) apa belum," lanjutnya.

Kemudian, karena pria tersebut bukan warga setempat, warga pun kemudian mengamankannya. dan diserahkan ke pihak kepolisian. “Pelaku saat itu meninggalkan motor yang dibawanya di depan rumah warga, jaraknya sekitar 20 meteran," ujarnya.

Sementara itu, saat tadatodays.com mendatangi Mapolsek Wonoasih, Solihin sudah berada di dalam  tahanan. Kapolsek Wonoasih, Kompol Kuzaini, enggan berkomentar terkait kasus tersebut. Ia hanya menjawab melalui pesan singkat. " Mas, orang ini bisu, seperti punya kelainan begitu," singkatnya. (ang/don)