Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-14 21:48:36

Heru Estiadi Terpilih Ketua DPC Demokrat Kota Probolinggo; Solidkan Internal, Fokus Pileg dan Pilpres 2024

KETUA: Heru Estiadi yang kini menjadi ketua baru DPC Partai Demokrat Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Posisi ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Probolinggo yang sudah lama kosong, telah terisi. Sosok Heru Estiadi secara sah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Kota Probolinggo. Rabu (20/7/2022) lalu, Heru Estiadi telah menerima SK dari DPP Partai Demokrat. 

"SK diserahkan oleh Wasekjen DPP Partai Demokrat Andi Timo Pangeran, kepada Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Emil Dardak. Selanjutnya dari Pak Emil, SK diserahkan serentak kepada masing-masing ketua DPC," kata Heru Estiadi kepada tadatodays.com.

Baca Juga : Heru Estiadi Terpilih Ketua DPC Demokrat Kota Probolinggo; Solidkan Internal, Fokus Pileg - Pilpres 2024

Dengan amanah ini, Heru Estiadi fokus untuk meraih kemenangan pada Pemilu 2024 dengan memberikan semangat kepada para kader serta melakukan evaluasi. Sebagai nakhoda baru, Heru menargetkan memperoleh minimal 3 kursi DPRD dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Baca Juga : Masda Putri Amelia, Pengusaha Bawang yang Kini Menjadi Anggota DPRD; Pertama Mencoblos Pileg Sudah Dipanggil “Dewan”

Saat ini Partai Demokrat memiliki 2 kursi di DPRD Kota Probolinggo, hasil Pileg 2019. Dua kursi itu masing-masing diisi Heru Estiadi dan Sri Wahyuningsih.

Sedangkan pada Pileg 2014, Demokrat Kota Probolinggo juga memperoleh 2 kursi, sehingga harus bergabung dengan parpol lain untuk membentuk fraksi di DPRD setempat.

Dengan target minimal 3 kursi dalam Pileg 2024, Demokrat nantinya bisa membentuk fraksi secara mandiri di DPRD Kota Probolinggo yang memiliki kuota 30 kursi.

ULTAH: Heru Estiadi bersama jajaran pengurus Partai Demokrat Kota Probolinggo dalam momen 21 tahun Partai Demokrat.

Untuk mencapai target tersebut, Heru memastikan pengurus Partai Demokrat akan turun langsung menyapa masyarakat. "Seperti slogan DPP Partai Demokrat, yaitu berkoalisi dengan rakyat," kata Heru.

Menurutnya, betapa pentingnya kekuatan pendukung di kursi DPRD Kota Probolinggo akan menentukan arah kebijakan Partai Demokrat. Diakuinya, dengan minimnya kursi di DPRD, pihaknya merasa menjadi partai yang minoritas, tidak punya power dalam mengeksekusi pokok pikiran masyarakat.

"Menjadi partai kecil itu sama sekali tidak bisa berbuat lebih untuk masyarakat. Yang ada, kita menjadi terpinggirkan, pokir (pokok pikiran, red) dari masyarakat tidak bisa kita perjuangkan," katanya.

Pria kelahiran 26 September 1967 ini sekarang menjabat sebagai anggota DPRD Kota Probolinggo periode 2019 - 2024. Karir politik Heru terbilang masih baru. Kiprah Heru Estiadi sebelumnya adalah orang manajemen perusahaan. Sejak 2001 sampai  2019 Heru dipercaya menjabat sebagai manager umum dan acounting di PT. Indhopherin.

Dari dunia usaha, Heru menapakkan kaki di dunia politik. Melalui Partai Demokrat, ia berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Probolinggo berangkat dari dapil Kademangan-Kedopok dengan perolehan 3.240 suara.

GOWES: Hobi gowes Heru Estiadi bersama masyarakat.

Kini untuk membawa Demokrat ke arah yang lebih baik, Heru mengingikan sebuah perubahan yang positif. Seperti halnya gaya turun langsung menyapa masyarakat, berdialog, dan mendengar langsung keluhan masyarakat sangat perlu untuk dilakukan.

"Iya, ini adalah budaya baru bagi Demokrat. Dimana sebelumnya belum pernah dilakukan. Pada dasarnya, yang bagus tetap harus dipertahankan, yang bagus namun belum dijalankan perlu dilakukan," ungkap Heru.

Untuk pergerakan Partai Demokrat di Kota Probolinggo ke depan, Heru menyatakan fokusnya adalah memenangkan Pilpres dan Pileg 2024. Meskipun di luar sana banyak desakan dari masyarakat yang menginginkan dirinya untuk mencalonkan diri dalam bursa pemilihan kepala daerah, Heru masih menganggapnya sebagai doa yang baik. Selebihnya, ia hanya mengalir dalam menjalani proses karir politiknya.

"Banyak masyarakat, utamanya saat saya turun ke masyarakat di sawah itu secara spontan manggil saya dengan kalimat ‘Pak Wali… Pak Wali’. Saya amini saja, biarkan semuanya mengalir," tambah Heru.

Dengan tugasnya sebagai nakhoda baru Partai Demokrat Kota Probolinggo, Heru menginginkan internal partainya solid, kompak dan mempunyai semangat juang yang tinggi. "Saya berharap kita kompak, satu komando. Karena tanpa kekompakan, mustahil semua cita-cita Demokrat akan berhasil," tutur Heru. (mel/why)