Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-24 15:57:45

Hindari Klaster Baru, Satgas Lakukan Swab di Lokasi Yadnya Kasada

PENCEGAHAN: Petugas melalukan swab terhadap semua pihak yang mengikuti ritual Yadnya Kasada, di Pura Agung Gunung Bromo. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo melakukan swab antigen terhadap seluruh pengurus pura dan warga yang bakal mengikuti ritual Yadnya Kasada di Pure Agung Gunung Bromo  Kamis (24/6/2021). Hal itu dilakukan, untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

Selain pengurus pura dan warga, swab antigen tersebut juga dilakukan terhadap romo pemangku pura. Termasuk juga para pecalang, petugas keamanan, dan satgas yang akan turut memantau ritual tersebut.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Menjalani Vaksinasi

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas setempat, Ugas Irwanto mengatakan, ada dua penyekatan untuk swab antigen tersebut. Pertama dilakukan di lautan pasir Gunung Bromo. "Dan di kantor Kecamatan Sukapura," terang pejabat yang karib disapa Ugas ini.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Jalani Vaksinasi

Ugas melanjutkan, hingga Kamis siang, sudah ada 147 orang yang dilakukan swab antigen. Ugas bersyukur, karena dari 147 orang tersebut hasil swabnya negatif dari covid-19.

Menurut Ugas, rata-rata warga di sekitar Gunung Bromo orangnya sehat-sehat. Karena warga suku Tengger itu mayoritas pekerjaan sehari-harinya bertani. Itu dibuktikan dari Kecamatan Sukapura selalu berada di zona hijau. "Artinya terbebas dari covid-19," katanya.

Ugas menjelaskan, dilakukannya swab antigen ini merupakan tanggung jawab satgas guna memastikan bahwasanya semua orang yang mengikuti ritual tersebut sehat. Sehingga tidak muncul klaster baru. (zr/don)