Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-09 20:35:12

Hindari Truk Lain, Trailer Terguling di Jalan Hamka Probolinggo

TERGULING: Truk trailer yang mengangkut veneer saat terguling di Jalan Hamka, Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah truk terailer pengangkut veneer 20 ton terguling di Jalan Raya Prof. Dr. Hamka, Kota Probolinggo, pada Rabu (9/9/2020). Truk tersebut terbalik ke sisi kanan memakan badan jalan. Alhasil, lalu-lintas sempat tersendat karena kejadian ini.

Proses evakuasi juga tak mudah dan harus menggunakan alat berat. Karena itu pengendara yang melintas di lokasi kejadian hanya menggunakan satu lajur jalan yang diberlakukan dengan sistem buka tutup.

Baca Juga : Tiga Truk di Pandaan Alami Kecelakaan Beruntun

Peristiwa imi bermula saat truk trailer N 1863 DH baru keluar dari SPBU Jalan Raya Pof. Dr. Hamka, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Usai mengisi BBM pada pukul 01.00, sekitar satu kilo meter sebelah barat SPBU, truk trailer buatan Eropa itu berjalan di belakang dump truk dari timur ke barat. Namun, dump truk tidak dikenal, itu mengerem mendadak. Sehingga truk trailer yang dikemudikan Muhammad Syafi’i, 21, itu tidak bisa mengerem, dan akhirnya membanting setir ke kanan.

Baca Juga : Hindari Truk Lain, Truk Pengangkut Tanah Terguling di Probolinggo

“Saya menghindari dump truk di depan saya, lalu truk trailernya oleng ke kanan,” terang Syafi’i, 21, yang merupakan warga Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Adapun truk trailer yang juga ditumpangi seorang kenek, Sahri, 26, itu berangkat dari Lumajang menuju Brebes, Jawa Tengah. Perjalanan antar provinsi tersebut merupakan pengalaman pertama bagi Muhammad Syafi’i.

Aibat dari peristiwa nahas tersebut, muatan berupa veneer mengalami kerusakan. Bahkan kaca bagian depan truk tariler retak, bak kanan truk trailer juga rusak. “Mesin tidak ada masalah,” ungkapnya.

Sementara Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo Kota, Ipda Ahmat Tohari, membenarkan peristiwa tersebut. Kecelakaan lalu lintas di jalan Prof. Dr. Hamka tersebut merupakan laka tunggal. Sejumlah petugas piket Satlantas Polres Probolinggo Kota langsung dikerahkan dalam peristiwa tersebut. (hla/hvn)