Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-22 20:28:43

Hindari Truk Lain, Truk Pengangkut Tanah Terguling di Probolinggo

RINGSEK: Truk yang dikemudikan Agus ini ringsek di bagian depan setelah menyalip kendaraan lain kemudian menabrak dump truk yang berjalan berlawanan arah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Berniat menghindari truk lain, truk yang dikenadari Amin Sukardi, 57, malah terguling. Kejadian tersebut dialami warga Desa Pringggowirawan, Kecamatan, Sumberbaru, Kabupaten Jember itu pada Kamis, (22/10/2020) di jalan raya pantura. Tepatnya di Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Peristiwa tersebut bermula saat Amin mengendarai dump truck-nya yang bermuatan tanah uruk dari arah timur ke barat. Sesampai di lokasi, sekira pukul 08.00 WIB, tiba-tiba ada sebuah truk bak terbuka bernopol DK 9350 WF datang dari arah berlawanan. Truk itu dikendarai oleh Agus Dwi Arjoko, 46, warga Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Gresik.

Baca Juga : Hendak Sambang Ibu, Wanita Ini Terseret Kereta Api

Amin yang berjalan dengan kecepatan sedang, melihat truk yang dikendarai Agus, berusaha menyalip kendaraan lainnya. Melihat truck yang dikendarai Agus memaksa menyalip meski jarak terlalu dekat, membuat Amin mengalah ke samping kiri jalan. Akan tetapi, meski sudah menghibdar, kontra antara kedua truk tak terhindarkan. Akhirnya truk yang dikendarai Amin terguling sementara truk yang dikendarai Agus mengalami penyok di samping sebelah kanan.

Baca Juga : Angkut Pasien Covid-19, Ambulans di Banyuwangi Tabrak Polisi Berkendara Motor

"Itu dari barat mau menyalip, yang dari timur itu sudah ke luar jalur untuk mengalah tapi tetap saja terjadi tabrakan. Yang sopir truk dari barat ini mengalami luka, kalau yang dari timur tidak apa-apa cuma mobilnya oleng," terang, Khotib, warga sekitar.

Hal senada juga disampaikan oleh Amin Sukardi, pengemudi dump truck itu. Ia mengaku saat itu sedang membawa tanah urukan. "Saya ini membawa tanah urukan mas, padahal saya sudah menghindar, tetapi masih saja kenak. Ini kan marka jalan panjang, harusnya gak boleh nyalip itu," ucapnya bersungut-sungut.

Sementara, Kanit Laka Polres Probolinggo, Iptu I Nyoman Harajasa mengatakan bahwa saat menyalip kendaraan di depannya Agus diduga tidak memperhatikan arus lalu lintas.

"Pada saat (Agus) mendahului kendaraan di depannya diduga tidak memperhatikan arus lalin dari arah berlawanan. Sehingga terjadi kontra dengan yang berjalan dari arah berlawanan," ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada saat itu. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 3 juta. (zr/hvn)