Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-31 15:05:39

Hiu Tutul Terdampar dan Jadi Bangkai di Pantai Banyuwangi

BANGKAI: Seekor hiu tutul terdampar dan jadi bangkai di Wisata Muara Badhuk, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Warga Banyuwangi kembali dikejutkan dengan adanya hiu tutul yang terdampar dan jadi bangkai. Kali ini bangkai hiu tutul ditemukan di Wisata Muara Badhuk, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Rabu (31/8/2022) pagi.

Hiu tutul yang sudah jadi bangkai itu berukuran sekitar 5 meter. Bangkai tersebut ditemukan sejak pagi oleh warga sekitar. Kondisi bangkai hiu tutul itu sudah mulai berganti warna dan membusuk.

Baca Juga : Di Pantai Payangan Jember Ketika Hiu Paus Mati Terdampar

Mamalia dengan nama latin Rhincodon Typus itu diperkirakan mati sejak beberapa hari lalu. Setelah terombang-ambing di tengah laut, akhirnya terdampar di Pantai Muara Badhuk.

Baca Juga : Hiu Tutul 7 Meter Mati di Pantai Nyamplong Kobong Jember

Anang, salah satu warga setempat, mengatakan kalau bangkai itu ditemukan sejak pagi. Dari bangkai itu tercium aroma busuk. "Ikan sudah mati dan ditemukan di area camping ground yang berada di wilayah Muara Badhuk," ujarnya.

Beberapa hari lalu, tambah Anang, para nelayan sekitar melihat hiu tersebut sedang berenang di sekitar Pantai Poncomoyo. "Lha sekarang mati di Muara Badhuk," ungkapnya.

Setelah mendapat laporan adanya bangkai hiu tutul tersebut, petugas Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam Banyuwangi turun melakukan pendataan. Dibantu warga, akhirnya mereka menguburkan bangkai tersebut. (rl/why)