Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-30 14:24:13

HP Dicuri, Rekaman CCTV Disebar, HP Dikembalikan

KEMBALI: Hotib memperlihatkan HP yang ditelah dicuri dan kemudian dikembalikan oleh pencurinya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah aksi pencurian handpone (HP) di sebuah konter di Paiton Kabupaten Probolinggo, terekam Closed Circuit Television (CCTV). Berkat video rekaman kamera pengintai tersebut, si pencuri akhirnya memutuskan mengembalikan HP yang telah dicurinya.

Peristiwa pencurian itu terjadi pada Minggu (29/5/2022) sekitar pukul 18.00 WIB. Tepatnya di konter yang berlokasi di pinggir jalan raya pantura masuk Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Aksi pencurian tersebut terekam CCTV. Dalam rekaman video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan seorang pria berjaket dengan warna hitam biru masuk ke konter dan langsung mengambil handphone di dalam etalase.

Baca Juga : Bekuk Komplotan Curwan 16 TKP di Kota Probolinggo

Pemilik konter, Abdul Hotib, saat ditemui pada Senin (30/5/2022) membenarkan aksi pencurian tersebut. Tetapi menurutnya, HP merk Xiaomi Redmi 5A warna hitam yang dicuri itu sudah dikembalikan, sekitar 4 jam setelah aksi pencurian terjadi. HP tersebut dikembalikan melalui jasa tukang ojek, dan menyampaikan salam maaf. “Juga sudah saya selesaikan secara kekeluargaan," terang Khotib.

Baca Juga : Pencuri Tas di Mobil Parkir Ditangkap Polsek Leces

Menurut Hotib, aksi pencurian itu terjadi konter dijaga istrinya, Sitia Ningsih. Sekitar pukul 18.00 WIB, datang seorang pria hendak membeli silikon yang sama persis dengan HP milik pria tersebut. Saat Sitia sibuk mencari silikon, pria tersebut turut masuk ke dalam.

Tanpa curiga, Sitia membiarkan saja pria itu masuk, sementara dirinya tetap fokus mencari. Namun karena silikon yang dicari tidak ditemukan, akhirnya pria tersebut pulang. Tak lama kemudian Hotib datang, dan tiba-tiba melihat HP yang dipajangnya di etalase sudah tidak ada. 

Hotib menanyakan kepada istrinya, apakah HP itu sudah laku. Namun sang istri menjawab tidak merasa menjual HP yang dimaksud. Buru-buru Hotib mengecek CCTV yang terpasang di konternya. Hotib kaget ketika melihat HP tersebut ternyata dicuri oleh pria yang berpura-pura beli silikon.

Hotib kemudian memutuskan untuk meminta pertolongan teman-temannya, hingga banyak yang mengunggah video rekaman berisi pencurian HP tersebut. Berkat unggahan itu, si pencuri akhirnya ketakutan dan mengembalikan HP yang telah dicurinya. "Belum sempat lapor polisi," ucap Hotib.

Selanjutnya, Hotib mengucapkan terimakasih kepada seluruh orang yang membantunya. Ia juga mempertegas tidak ingin memperpanjang masalah tersebut. (zr/why)