Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-01 06:22:10

Hujan Berjam-jam, Puluhan Rumah di Gending Kebanjiran

TERGENANG: Warga di Kecamatan Gending menyelamatkan diri setelah rumahnya tergenang air akibat hujan deras berjam-jam.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras yang melanda Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (31/10/20) membuat puluhan rumah di Desa Gending, Kecamatan  Gending, tergenang air.

Banjir tersebut berasal dari luapan air sungai yang tidak mampu menampung banyaknya air selama hujan berjam-jam itu. Air kemudian mai menggenangi rumah-rumah warrga hingga setinggi 1 meter.

Baca Juga : Hujan Sepanjang Malam, Sebagian Glenmore Tergenang Banjir

Firdaus, 25, warga setempat mengatakan, baru kali ini di lingkungannya terjadi banjir. "Hujannya lebat dari siang mas sampai Isya' itu. Sungainya sudah penuh mas jadi meluap tak bisa mengalir airnya. Biasanya kalau hujan langsung mengalir ke sungai," tuturnya.

Baca Juga : Dibiarkan Menyala, Kompor Sebabkan Kebakaran Rumah di Probolinggo

Hal senada disampaikan Hartoyo. Ia mengaku bahwa saat itu banyak warga sekitar yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya, karena disebabkan cepatnya air yang tiba-tiba naik itu.

"Sejak siang hujannya deras, hingga sungai meluap dan airnya sampai pada pemukiman warga. Belum sempat untuk berkemas mas, yang terpenting kami menyelamatkan diri dulu," ucap lelaki 35 tahun itu.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Probolinggo, Iptu Ahmad Jayadi mengatakan dalam kejadian tersebut Polres Probolinggo sudah menurunkan personilnya. Mulai dari jajaran Polsek Gending, Satlantas dan Jajaran Sabhara.

"Sampai sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Total ada 5 regu yang kami turunkan, dari Polsek, Sabhara dan Satlantas Polres Probolinggo," tandasnya. (zr/hvn)