Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-16 14:47:49

Hujan Deras, Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Permukiman

LAHAR DINGIN: Pengendara harus memacu kecepaatan motornya saat melintasi aliran sungai di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Ini, setelah banjir lahar dingin menerjang aliran DAS Rejali.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – Setelah Gunung Semeru erupsi pada Kamis (16/12) pagi, wilayah lereng Gunung Semeru langsung diguyur hujan lebat. Tak ayal, banjir lahar dingin pun menerjang dan menjebol tanggul, lalu masuk ke permukiman.

Sekretaris Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Samsul Arifin melalui pesan singkat WhatsApp membenarkan hal itu. “Ya, benar,” kata Abdul Azis.

Berdasarkan informasi relawan Tagana Kabupaten Probolinggo, banjir lahar dingin sudah masuk ke permukiman warga di Dusun Bondeli Utara, Desa Sumberwuluh. Informasi itu juga memastitkan bahwa warga sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Sementara dari video yang beredar, terjangan banjir lahar dinging Gunung Semeru itu terjadi di aliran DAS Rejali yang melewati Desa Sumberwuluh. Seorang warga bahkan mengabadikan video saat air sungai mulai masuk ke jalan desa setempat. Kondisi itu membuat warga yang melintas di jalan tersebut khawatir.

Sementara, dari video lain memperlihatkan adanya alat berat yang akan memperbaiki tanggul yang jebol. Sejumlah warga turut mengawal alat berat tersebut, sambil memantau kondisi sungai yang deras dengan lahar dingin.

Diketahui, sebelum terjangan banjir lahar dingin, Gunung Semeru kembali memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Kamis (16/12) sekira pukul 09.01 WIB. APG itu meluncur sejauh 4,5 km kea rah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Relawan dan tim SAR yang tengah melakukan proses pencarian korban hilang di Desa Supiturang, langsung berlarian meninggalkan lokasi. (zr/don)