Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-19 12:17:52

Hujan Deras dan Angin Kencang, Rumah di Banyuwangi Ambruk

RUSAK: Ambruknya rumah milik warga di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi, membuat bangunan tersebut sudah tidak bisa ditempati.

 BANYUWANGI  TADATODAY.COM - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang mengguyur kawasan Banyuwangi, Senin (18/1/2021) siang kemarin, mengakibatkan satu rumah di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi, ambruk.

Petugas BP Kecamatan Giri, Mahsum saat dihubungi tadatodays.com pada Selasa (19/1/2021) menjelaskan, kejadian rumah ambruk milik Suma'i tersebut terjadi Senin, 18/1/2021 sekitar pukul 23:30 WIB. "Karena hujan deras dan angin kencang ,” ujar Mahsum kepada tadatodays.com.

Baca Juga : Tekan Kerugian Akibat Hujan, Tanaman Cabai Panen Lebih Awal

Mahsum mengatakan, pihaknya kemudian bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Polsek Giri, dan petugas Koramil Giri langsung melaksanakan peninjauan untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. “Kami sudah koordinasikan, dan sudah ditindaklanjuti,” katanya.

Baca Juga : Banjir Melanda, Warga Probolinggo Terjebak

Dikatakan Mahsum, dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa. Pasalnya, pada saat kejadian pemilik rumah sudah keluar terlebih dahulu karena sudah tau rumah tersebut akan ambruk. “Pemilik rumah tinggal sendirian, kalau kondisi bangunan rumah memang sudah tua,” tambahnya.

Diperkirakan, kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp 20 juta. Hingga kini aparat setempat mulai melakukan upaya untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut.

Sementara itu, Prakirawan pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Ibnu Haryo menjelaskan, bahwa Kabupaten Banyuwangi sudah memasuki puncak musim hujan mulai bulan Januari hingga Februari 2021. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

 “Awan Cumulonimbus sangat berpotensi adanya angin kencang, petir, dan berpotensi hujan sedang sampai lebat,” tutup Ibnu. (usm/don)