Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-05 17:44:56

HUT Kota Kraksaan Ke-12, Plt. Bupati Probolinggo Berharap Kemajuan di Semua Sektor

TUMPENGAN: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memberikan potongan tumpeng kepada Sekda Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono, Rabu (5/1/2022), di Guest House Kraksaan. Potong tumpeng itu sebagai wujud syukur karena Kota Kraksaan telah berusia 12 tahun.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kota Kraksaan telah ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo. Hari Jadi Kota Kraksaan itu diperingati setiap tanggal 5 Januari. Kini, Rabu (5/1/2021), Kota Kraksaan sudah berusia 12 tahun.

Di usia yang masih sangat muda ini, menambah semangat Pemkab Probolinggo untuk terus mengembangkan Kota Kraksaan agar mampu mengimbangi kemajuan kota-kota lainnya di daerah lain.

Baca Juga : Peringati Hari Jadi Ke-12 Kota Kraksaan, Pemkab Menggelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Hal itu disampaikan oleh Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, usai melakukan serangkaian kegiatan di Hari Jadi Kota Kraksaan, Rabu (5/1). Menurutnya, usia Kota Kraksaan saat ini masih sangat muda. Karena itu, semangat muda harus tumbuh untuk mengejar ketertinggalan dari kota-kota lain yang sudah maju.

Baca Juga : Peringati Hari Jadi Ke-12 Kota Kraksaan, Pemkab Gelar Ziarah Makam Kiai Ronggo

Timbul menuturkan, dirinya sudah menyampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bahwasanya perlu adanya pengembangan untuk Kota Kraksaan. “Seperti halnya penataan drainase yang masih menjadi PR besar,” ujarnya.

Karena persoalan perkotaan itu, kata Timbul, banyak mengalami kendala pada persoalan drainasenya. Lalu, sampah yang tidak boleh berserakan, sehingga kota tetap bersih.

Begitu juga dengan ketersediaan fasilitas umum, yang pada dasarnya banyak masyarakat yang menginginkan fasilitas umum. Seperti tempat istirahat, wisata dan lain-lain. "Ini sudah kita pikirkan," terangnya, pada tadatodays.com.

NYEKAR: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko melakukan tabur bunga di makam Kyai Ronggo, di Kelurahan Sidomukti, Kota Kraksaan. Kyai Ronggo merupakan pembabat alas wilayah Kraksaan dahulu kala.

Sementara untuk perkembangan Kota Kraksaan selama 12 tahun ini, bisa dilihat dari pergerakan ekonomi yang sudah banyak tumbuh. Contohnya, masyarakat yang dulunya hidup dan berkembang di luar Kota Kraksaan, kini mulai menjamur ikut melancarkan ekonominya di Kota Kraksaan.

Kemudian untuk urusan pendidikan, Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat nantinya akan memberikan desain agar sekolah-sekolah yang ada di Kota Kraksaan mampu memenuhi apa yang diinginkan masyarakat perkotaan. “Kualitas pendidikan dan kualitas pembelajarannya,” katanya.

Sementara di bidang kesehatan, Dinas Kesehatan setempat akan memberikan terobosan-terobosan untuk menyehatkan warganya.

Secara umum, Timbul menyebuat bahwa semua sektor perlu penataan dengan baik agar hasilnya juga maksimal.  "Kalau terlalu tumbuh tanpa ada penataan yang baik, ini akan menjadi problem ke depan," tutur Timbul.

MOTIVASI: Didampingi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo (kiri), Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memberikan semangat kepada seluruh jajaran pemkab untuk terus mengembangkan Kota Kraksaan di semua sektor.
Ia berharap kepada seluruh OPD dan masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk tetap optimis membangun Kabupaten Probolinggo, khususnya Kota Kraksaan agar lebih maju lagi. Sehingga mampu mengikuti perkembangan kota dan kabupaten lainnya yang sudah maju.

Diketahui, pada Hari Jadi Kota Kraksaan ke-12 ini, Plt. Bupati Probolinggo memulai kegiatan dengan berziarah dan menggelar doa bersama di makam KH. Abdul Wahab atau yang dikenal dengan nama Kyai Ronggo. Kiyai Ronggo merupakan pembabat wilayah Kraksaan, dimana makamnya terletak di Kelurahan Sidomukti.

Lalu, dilanjut dengan tasyakuran berupa pemotongan tumpeng di Guest House di utara Alun-alun Kraksaan.

Kemudian mengunjungi kantor Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo yang lokasinya di Kota Kraksaan. Di dua kantor tersebut, Timbul Prihanjoko bersama jajarannya membahas langkah ke depan untuk membangun Kota Kraksaan lebih baik lagi.  (zr/don)