Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-07 22:07:34

Hutan Pinus Songgon, Tak Sekadar Wisata tapi Juga Edukasi

PINUS CAMP: Camping ground menjadi andalan wisata Hutan Pinus Songgon. Tak hanya menyediakan lahan luas, pengelola juga telah menyiapkan segala peralatan camping.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Mengeksplor wilayah Banyuwangi seakan tidak ada habisnya. Tak hanya wisata buatan, ketersediaan alam Banyuwangi yang luas juga dimanfaatkan secara baik menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah wisata Pinus Songgon.

Wisata Pinus Songgon terletak di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon. Kawasan wisata tersebut merupakan milik Perhutani, namun berkat kerjasama baik dengan pemerintah setempat sehingga dipoleslah area hutan pinus itu menjadi tempat wisata yang menggoda.

Baca Juga : Bukit Sewu Sambang Kalipuro, Menawarkan Keindahan Perbukitan hingga Selat Bali

Wisata Pinus Songgon tentu menyuguhkan kegiatan outdoor, seperti berkemah, menyusuri aliran sungai, atau hanya sekadar menikmati asrinya hutan pinus.

Baca Juga : Bukit Sewu Sambang Kalipuro, Tawarkan Keindahan Perbukitan hingga Selat Bali

RAFTING: Aliran sungai yang ada di sekitar Hutan Pinus Songgon, dimanfaatkan oleh pengelola dengan membuka wisata arung jeram.

Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 5 ribu. Tapi jika ingin menikmati fasilitas tambahan, seperti berkuda, jip, atau perahu karet saat menyusuri sungai akan dikenakan biaya tambahan.

Pengelola juga menawarkan aktivitas petualangan di alam bebas, dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada. Mulai dari sungai, hutan sampai dengan pertanian.

Pengelola wisata, Yusuf Sugiono menyampaikan, pengunjung bisa melakukan penjelajahan hutan tepatnya di kaki Gunung Raung dengan menggunakan mobil jip. "Kalau di sungainya kita manfaatkan untuk arung jeram atau rafting. Sementara pertanian dimanfaatkan untuk edukasi," kata Yusuf, Selasa (07/04/2021).

Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas outbound lainnya seperti downhill, dan sejumlah permainan ekstrem juga tersedia di Wisata Pinus Songgon.

Dan, jika ingin berkemah, pengelola menyediakan semua fasilitas camping ground. Seperti tenda, api unggun, dan berbagai peralatan camping lainnya. "Untuk harga kita lebih fleksibel. Hanya tiket layanan, dan tergantung fasilitas yang diminta konsumen," ujarnya.

KEMAH KELUARGA: Pinus Camp 2 merupakan area kemah khusus bagi kelompok keluarga, dimana lahannya hanya bisa ditempat puluhan tenda dengan fasilitas lengkap.

Yusuf menyebut, soal tempat, di wisata ini terdapat dua lokasi camping. Pertama, di Pinus Camp 1 yang bisa menampung hingga ribuan orang. Sementara Pinus Camp 2, direkomendasikan untuk kemah keluarga dikarenakan hanya bisa menampung puluhan orang saja. "Kemah famili kita gunakan di area pinus camp 2, karena pertimbangan keamanan dekat toilet, air bersih, listrik mencukupi, aula ada tiga titik sehingga ketika ada hujan, dan lain mudah mengevakuasi," katanya.

Karena tempat ini sudah mempunyai fasilitas yang memadai, ditambah pesona alam di tengah hutan yang menawan dan pelayanan yang baik, maka berlibut di Wisata Pinus Songgon dijamin akan membuat liburan semakin nyaman.

Untuk itulah, wisata camping ground di hutan Pinus Songgon, Banyuwangi, bisa jadi rekomendasi liburan kalian bersama teman maupun keluarga di akhir pekan. (peb/don)