Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-02 05:17:10

Idul Fitri, Wali Kota Probolinggo Tidak Menggelar Open House

OPEN HOUSE: Wali Kota Probolingo Hadi Zainal Abidin (kiri) memastikan tidak akan menggelar open house. Sementara bagi warga yang menggelar halal bihalal diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat, sebab pandemi masih melanda.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin memastikan tidak akan menggelar open house saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Ia beralasan karena Lebaran tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Melalui keterangan resmi yang dirilis pada Jumat (29/4/2022), Wali Kota Hadi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 membuat beberapa kegiatan harus dibatasi. Termasuk kegiatan open house di lingkungan Pemerintah Kota Probolingo. “Sehingga, tidak ada acara khusus setelah salat Idul Fitri nanti,’’ ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Tidak Adakan Open House, Ini Alasannya

Pada Lebaran tahun 2022 ini, kata wali kota, yang diperbolehkan adalah halal bihalal. Namun, kegiatan tersebut pun masih dibatasi dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pembatasan tersebut antara lain, tidak boleh menyediakan makanan prasmanan, tidak saling bertukar hampers, dan lainnya.

Baca Juga : Plt Bupati Umrah, Pemkab Probolinggo Tidak Gelar Open House

Kendati demikian, wali kota mempersilakan bagi masyarakat yang hendak menggelar silaturahmi saat Lebaran ke rumah kerabat atau tetangga. Hanya saja, perlu hati-hati dan waspada mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. “Tetap hati-hati, waspada, pakai masker, dan jaga jarak jangan lupa,’’ katanya.

Sementara itu, untuk menekan penyebaran Covid-19 saat Lebaran, ia mendorong masyarakat untuk segera mungkin melakukan vaksin booster atau dosis ketiga. Sehingga, saat berkumpul melakukan silaturahmi bisa lebih aman dan meminimalisir terjadinya penularan virus corona.

Perlu diketahui, sejak 18-28 April Kota Probolinggo sudah zero Covid-19.

Wali kota juga memastikan, libur cuti bersama bagi para ASN sesuai aturan pemerintah pusat yang telah menetapkan libur cuti bersama yakni 29 April dan 4–6 Mei, dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2–3 Mei 2022. ”Setelah libur cuti bersama dan Hari Raya Idul Fitri, saya minta (ASN) tidak boleh ada yang terlambat (masuk kerja) seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya. (mel/don)