Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-04 18:55:49

Ikuti Tes Kesehatan, 30 Bakal Calon Kades Terkonfirmasi Positif Covid-19

DIKARANTINA: Bacakades yang terkonfirmasi positif covid-19 masih menjalani karantina di Puskesmas Maron. Meski positif corona, bacakades tatap bisa mendaftar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 253 desa di Kabupaten Probolinggo sudah dimulai. Termasuk tahapan tes swab covid-19 bagi bakal calon kepala desa (bacakades). Hasilnya, sebanyak 30 bacakades dinyatakan positif covid-19 per Kamis (4/11/2021).

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Vironica. Ia mengatakan 30 orang tersebut sudah dikarantina di Puskesmas Maron, selama 10 hari ke depan. "Terhitung dari pertama positif," terangnya pada tadatodays.com.

Baca Juga : Puskesmas Klenang Kidul Menggelar Senam dan Screening Penyakit Tidak Menular

Diketahui, swab PCR ini merupakan syarat kesehatan yang harus dipenuhi oleh bacakades. Dimana bacakades harus negatif covid-19 melalui tes PCR itu. Selain itu, bacakades juga harus divaksin sebanyak dua kali. "Aturan perbupnya seperti itu," ucapnya.

Baca Juga : Puskesmas Klenang Kidul Gelar Senam dan Screening Penyakit Tidak Menular

Sementara, Kabid Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmad Sholeh menyampaikan bacakades yang terkonfirmasi positif covid-19 masih boleh mendaftar, selama pendaftaran belum ditutup. "Dan berkas lainnya sudah selesai," katanya, melalui panggilan seluler.

Berkas yang sudah lengkap itu, kata Nur Rahmad, bisa diserahkan melalui keluarga atau kuasanya. Sedangkan berkas keterangan sehat akan diganti dengan surat keterangan sehat sementara oleh instansi kesehatan. (zr/don)