Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-26 14:35:20

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah KTT G20, Gubernur Jawa Timur Awali dengan Tanam Mangrove

LINGKUNGAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanam mangrove di pesisir Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/12) pagi. Kegiatan tersebut sebagai langkah awal jelang digelarnya KTT G20 di Indonesia.

PROBOLINGGO, TADTODAYS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan penanaman mangrove di Pantai Bohay, Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/12/2021). Kegiatan ini sebagai wujud persiapan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kalau saat ini tanaman mangrove merupakan salah satu tanaman yang menjadi evaluasi dunia yang harus dijaga. "Pasti nanti akan dievaluasi bersama, bagaimana daya dukung alam, ekosistem kita," terangnya, usai tanam mangrove.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Terjun Langsung ke Lokasi Banjir Jember

Menurutnya, penanaman mangrove yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur bukan karena ada evaluasi dunia tersebut. Melainkan sudah menjadi tradisi menanam yang ada di Jawa Timur dan akan dilanjutkan ke semua daerah sepanjang pesisir Jawa Timur. 

Baca Juga : Malam Tahun Baru, Jembatan Suramadu dan Semua Alun-alun di Jatim Ditutup

Ia juga berpesan kepada semua elemen untuk terus giat menanam, tidak menunggu siapapun, atau momentum apapun. Bahkan menanam tanpa harus memilih jenis pohon apa yang perlu ditanam. "Bukan hanya menanam tapi juga memelihara," ucapnya, pada awak media.

Sementara itu, Pegiat Mangrove Kabupaten Probolinggo, Abdul Azis mengapresiasi apa yang dilakukan Gubernur Jawa Timur. Karena menurutnya, pohon mangrove ini banyak manfaatnya. Di antaranya mencegah abrasi pantai, dan dapat meminimalisir limbah minyak yang jatuh di laut. "Buahnya juga bisa dimanfaatkan," katanya.

Ia menambahkan kalau di Kabupaten Probolinggo sendiri dari Tongas sampai Paiton, panjang pantainya sekitar 62 kilometer, dengan luas tanam masing-masing pantai 50 kilometer. (zr/don)