Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-07 22:32:23

Infrastruktur Wilayah Selatan Butuh Perhatian

INFRASTRUKTUR: Anak-anak di lingkungan RT 2 dan RT 4 Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo begitu riang bermain air. Akan tetapi, genangan air itu berada di jalan lingkungan setempat yang butuh perbaikan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga di RT 2 dan RT 4 Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo mengeluhkan genangan air yang terjadi berhari-hari di lingkungannya. Menurut warga setempat, genangan itu terjadi saban lingkungan tersebut diguyur hujan sejak 7 tahun lalu.

Eko Yuda, 40, warga RT 2 mengatakan genangan air itu terjadi di 25 halaman rumah dengan warga. Halaman rumah pun becek, begitu juga dengan jalan setempat. Masing-masing di RT 4 sekitar 10 rumah dan RT 2 sebanyak 15 rumah.

Baca Juga : Jalan Desa Tambak Ukir Ambrol, Aktivitas Warga Terganggu

Kendati demikian, warga tetap tetap melewati jalan tersebut karena akses satu-satunya menuju Jl. Jambu. "Seperti anak (berangkat) ngaji, bersekolah, dan warga bertani serta kegiatan lainnya," ucapnya.

Dari pantauan tadatodays.com, jalan tersebut berada di antara rumah-rumah warga dan sawah.

Sementara itu, Plt Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Permukiman (PUPR-Perkim) setempat, Gigih Ardytiawan mengatakan bahwa jalan tersebut belum diaspal. Karena kondisi itu, Pemkot Probolinggo bakal mengaspal jalan tersebut.

Untuk sementara, lanjut Gigih, pihaknya akan melakukan observasi sebelum melakukan normalisasi genangan air. "Pastinya supaya warga nyaman untuk melewati jalan," katanya.

Ia menuturkan, pada tahun anggaran 2023, Dinas PUPR-PERKIM akan mengusulkan kegiatan perbaikan jalan hingga pembuatan irigasi. "Pak Wali Kota Probolinggo juga telah memprioritaskan wilayah Probolinggo selatan untuk dibangun, termasuk jalan," ujarnya. (ang/don)