Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-31 17:52:28

Ingin Liburan Tahun Baru? Ini Referensi 9 Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo

LIBURAN: Sembilan tempat wisata di Kabupaten Probolinggo, mulai dari tempat wisata di kawasan pegunungan hingga pantai, tetap dibuka. Obyek wisata itupun siap dikunjungi wisatawan di momen libur Tahun Baru 2022 dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyatakan membuka tempat wisata di wilayahnya, saat libur Tahun Baru 2022. Karena masih pandemi Covid-19, maka setiap pengunjung yang ingin berwisata di Kabupaten Probolinggo wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto mengatakan, tempat wisata di Kabupaten Probolinggo tetap dibuka saat momen libur Tahun Baru 2022. Sugeng mengingatkan kepada setiap pengunjung untuk menaati protokol kesehatan (prokes), jika ingin berlibur di Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, setiap pengunjung juga wajib sudah divaksin. Untuk memastikan hal itu, setiap tempat wisata akan disediakan aplikasi PeduliLindungi. “Pengunjung bisa scan di aplikasi tersebut,” ujarnya.

Lalu, mana saja tempat wisata di Kabupaten Probolinggo yang patut dikunjungi saat libur Tahun Baru 2022. Tadatodays.com punya catatan 9 tempat wisata yang bisa dijadikan referensi bagi pengunjung.

Gunung Bromo

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Bromo. Gunung eksotik ini sudah dikenal masyarakat dunia. Banyak pelancong dari berbagai negara yang mengunjunginya. Lokasinya berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Namun, wilayah Gunung Bromo berbatasan langsung dengan tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Pintu masuk obyek wisata Gunung Bromo bisa diakses melalui empat kabupaten tersebut.

Saat ini, pengelola Gunung Bromo yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menerapkan pembayaran secara online melalui tautan bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Setelah booking secara online, anda bisa menikmati setiap sudut kawasan Gunung Bromo yang memanjakan mata.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura berada di lereng Gunung Bromo. Tepatnya di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Jadi setelah anda mengunjungi Gunung Bromo, tidak ada salahnya jika mampir ke air terjun yang identik dengan cerita Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Untuk sampai di air terjun tersebut, anda bisa mengambil jalur Jalan Raya Lumbang, Kecamatan Lumbang. Setibanya di pertigaan utara Polsek Lumbang, anda belok ke arah barat. Jalur tersebut merupakan satu-satunya akses menuju Air Terjun Madakaripura.

Fasilitas di obyek wisata tersebut cukup lengkap. Seperti toilet, tempat berteduh atau shelter, dan penjual aneka makanan. Tapi jika musim hujan tiba, anda harus berhati-hati dan tetap mengikuti panduan pengelola. Sebab, bukan tidak mungkin air bah akan turun dari bibir air terjun.

Danau Ranu Segaran

Ranu Segaran adalah salah satu danau yang ada di lereng utara Pegunungan Argopuro, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Ranu segaran merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Argopuro purba. Disebut purba, karena dahulu aktivitas vulkanik Gunung Argopuro masih aktif. Sementara saat ini sudah tidak aktif lagi.

Nah, untuk bisa menikmati keasrian Ranu Segaran, langsung saja menuju Kecamatan Tiris dan jujug di Koramil Tiris. Di dekat Koramil Tiris ada pertigaan dan papan petunjuk menuju Ranu Segaran.

Di Ranu Segaran, anda bisa mengajak keluarga atau teman bermain perahu wisata. Tapi jika hanya ingin memandang hijaunya pepohonan dan beningnya air danau, anda cukup bersantai di pujasera sambil memesan aneka makanan dan minuman. Di beberapa spot juga ada shelter untuk bersantai menghirup segarnya udara.

Bermi Eco Park

Obyek wisata yang satu ini juga berada di lereng utara Pegunungan Argopuro. Tapi, wilayahnya masuk Desa Bermi, Kecamatan Krucil. Saban libur tahun baru, Bermi Eco Park dijubeli pengunjung. Karena itu, di momen libur Tahun Baru 2022, Bermi Eco Park masih jadi referensi untuk berlibur di awal tahun.

Di Bermi Eco Park, banyak wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Mulai dari perahu bebek wisata, kolam renang air hangat, hingga flying fox. Bisa dibayangkan bagaimana bermain flying fox di lereng gunung. Yang pasti, pengelola tetap mengutamakan keselamatan tinggi.

Wisata Bermi Eco Park juga tempat yang instagramable. Banyak spot menarik untuk berswafoto. Seperti taman bunga, perbukitan, hingga danau buatan yang jernih.

Air Terjun Jaran Goyang

Di Kecamatan Krucil sebenarnya banyak sekali air terjun. Tapi, hanya Air Terjun Jaran Goyang yang dikelola secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan menggandeng pihak swasta. Lokasinya berada di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil.

Maksimalnya pengelolaan Air Terjun jaran Goyang, bisa dilihat dari fasilitas yang ada di sekitar kubangan air terjun. Seperti toilet, pembatas kubangan air terjun, dan kolam kecil khusus anak-anak. Jembatan di atas aliran sungai pun juga dibangun maksimal.

Yang menarik di spot lainnya, yakni adanya taman bunga beragam jenis. Lokasinya berada di pintu masuk wisata. Selain bisa mengelilingi taman bunga, anda juga bisa melepas lelah di gazebo yang tersedia di tengah-tengah taman bunga.

Rest Area Guyangan

Pemerintah Desa Guyangan benar-benar memaksimalkan potensi wilayahnya. Selain Air Terjun Jaran Goyang, pemerintah juga menyulap lahan kosong di Desa Guyangan menjadi rest area. Namanya, Rest Area Guyangan. Lokasinya berjarak sekitar 3 kilometer dari pintu masuk Air Terjun Jaran Goyang.

Rest area ini juga menyajikan taman bunga, kafe, dan toilet gratis. Salah satu minuman khas yang disajikan di kafe tersebut, yakni susu sapi murni. Diketahui, masyakarat Kecamatan Krucil banyak menjadi peternak sapi perah.

Lokasi ini sangat pas bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Duduk santai di kursi-kursi kayu sambil menikmati susu sapi hangat, di tengah taman bunga yang beraneka warna.

Pantai Bahak

Setelah mengeksplor wilayah pegunungan di Kabupaten Probolinggo, kali ini tadatodays.com akan memberikan ferensi wisata pantai yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Yang pertama, adalah Pantai Bahak yang berada di ujung barat Kabupaten Probolinggo, Dusun Bahak, Desa Curahdringu, Kecamatan Tongas. Pantai ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Seperti, kolam renang anak yang berada di tengah-tengah hutan cemara udang, dan anjungan. Salah satu anjungan dibangun menjulang, untuk melihat bibir pantai dari ketinggian. Untuk toilet dan warung makanan juga sudah tersedia.

Pantai Bentar

Pantai Bentar merupakan pantai yang pertama kali dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Letaknya berada di sisi utara Jalan Raya Curahsawo, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending. Sejak dahulu, pantai ini dikenal dengan anjungan yang panjang. Saat matahari terbenam, spot anjungan menjadi tempat paling indah untuk berfoto.

Tak hanya anjungan, Pantai Bentar juga menyediakan kolam renang anak dan dewasa, serta danau buatan. Ada juga satwa langka, seperti merak yang masih dirawat oleh pengelola. Nah, untuk berkeliling anda bisa memanfaatkan wahana kereta wisata.

Pantai Duta

Berada di Desa Randutata, Kecamatan Paiton, Pantai Duta menjadi primadona bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo yang ingin menikmati wisata pantai. Sebab, Pantai Duta tidak hanya dinikmati bibir pantainya saja. Ada pula wisata edukasi mangrove di sisi selatan.

Beragam jenis mangrove tertata di Pantai Duta. Nah, jika ingin masuk ke hutan mangrove, pengunjung bisa menelusurinya melalui anjungan yang berada di dalam hutan tanaman khas pantai itu. (redaksi)