Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-29 22:04:40

Ini Pesan Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor untuk Bupati Jember Terpilih

KEPEMUDAAN: Ketua Pemuda Muhammadiyah Jember Abdul Khamil (foto kanan), dan Ketua GP Ansor Jember Izzul Ashlah (foto kiri) berharap agar bupati dan wabup Jember merangkul semua kalangan. (foto: istimewa)

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pada akhir bulan Februari 2021, Kabupaten Jember memiliki bupati dan wakil bupati baru hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Bupati dan wabup Kabupaten Jember terpilih itu adalah Hendy Siswanto dan Balya Firjaun Barlaman, yang meraih suara terbanyak pada pemilihan 9 Sesember 2020 lalu.

Baca Juga : PAC Ansor Pertanyakan Rangkap Jabatan Abdul Mujib

Rencananya, keduanya akan dilantik oleh Mendagri Ri atau Gubernur Jawa Timur pada 17 Februari 2021 di Surabaya.

Baca Juga : Demi Jelajahi Jember, Hendy Beli Mobil Produksi Pindad

Sebelum dilantik, sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Jember menyampaikan harapannya. Di antaranya, Pemuda Muhamadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor Jember.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Jember, Abdul Khamil, berharap agar bupati dan wabup terpilih bisa memposisikan diri sebagai pemimpin bagi semua kalangan. "Baik yang memilih maupun yang tidak memilih beliau, baik yang mendukung maupun tidak," ujar alumni fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Jember itu.

Selain itu, kata Kamil, agenda penting bupati lainya adalah membuat birokrasi di Pemkab Jember lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Jember, Izzul Ashlah, berharap agar bupati baru bisa menambal kesalahan-kesalahan yang ada pada pemimpin Jember sebelumnya. "Terutama dalam ranah Administrasi pembentukan APBD dan penunjukan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Jember," ungkapnya.

Lebih dari itu, sebut Izzul, saat ini masyarakat Jember tidak butuh pemimpin yang penuh gimik. Menurutnya, untuk membangun dan mengatasi permasalahan di Jember diperlukan cara-cara sistematik bukan sekadar cara biasa. Misalnya, ia mencontohkan, kebijakan yang diambil jangan lagi berbasis bansos yang hanya sekadar memberikan kebutuhan pangan kepada masyarakat. "Tapi lebih menggali dan mencari jalan keluar secara sistemik," katanya.

Terpisah, Hendy Siswanto saat ditemui usai rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih di gedung DPRD Jember, Jumat (29/1/2021) sore, mengaku siap berkolaborasi dengan semua kalangan yang ada di Jember. "Kita harus sama sama lah, bangun Jember ini," pungkasnya. (as/don)