Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-06 20:06:44

Jadi Dosen Tamu, Gubernur Khofifah Kutip Jack Ma

DOSEN TAMU: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung dan menjadi dosen tamu di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Senin (6/6/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melakukan kunjungan di Universitas Islam Zainul Hasan (Unzah) Genggong, Senin (6/6/2022). Khofifah menjadi dosen tamu dan memberikan kuliah pakar dalam rangka menyambut Dies Natalis Unzah ke-54.

Dalam kesempatan itu, Khofifah berharap kampus Unzah dapat menjadi percotohan bagi kampus swasta lainnya. Terutama sebagai kampus yang mampu menorehkan prestasi nasional maupun internasional.

Namun, untuk meraih prestasi, memang perlu ada ruang kesempatan bagi mahasiswa agar dapat menunjukkan kebolehannya. Termasuk memberikan referensi jitu, sehingga dapat belajar menjadi juara. "Karena mental juara itu sangat penting," tutur Gubernur.

Menurutnya, ada progam strategis dilaksanakan oleh kampus Unzah, khususnya program yang mengarah pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan cara digitalisasi. Karena jika mengutip pernyataan Jack Ma, pendiri marketplace Alibaba, pada tahun 2030 mendatang, 99 persen pasar UKM bergerak secara online.

Karenanya, kata Khofifah, perlu ada penguasaan bisnis di era digitalisasi tersebut. Sehingga perkuliahan untuk progam bisnis yang digital tidak cukup pada progam akademik di Strata 1, melainkan juga Strata 2.

"Menurut Jack Ma, 80 persen ekonomi dunia itu adalah UKM," ucap Gubernur. (zr/why)