Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-27 19:57:57

Jadi Klaster Baru Covid-19, Lapas Jember Diseterilisasi PMI

SEMPROT: Petugas PMI saat melakukan lenyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan Lapas Jember, Selasa (27/4).

JEMBER, TADATODAYS.COM - Setelah 11 Narapidana wanita dan 1 petugas Lapas Jember dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Jember bergerak menyemprotkan 1000 liter cairan disinfektan di Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Jember, Selasa (27/4/2021) sore.

Napi positif covid tersebut berasal dari blok wanita yang sebelumnya sempat mengeluh muntah hingga akhirnya petugas Lapas membawanya ke RSU Dr Soebandi, Jember.

Baca Juga : Oknum Petugas Lapas Jember Ditangkap karena Terlibat Kasus Penipuan CPNS

Napi tersebut langsung menjalani isolasi selama 14 hari sebelum dikembalikan ke Lapas yang ada di Jalan PB Sudirman No.13 Jember.

Baca Juga : 12 Warga Binaan Positif Covid-19, Lapas Jember Jadi Klaster Baru

Yandi Suyandi, Kepala Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Jember mengatakan, sebagai bentuk antisipasi relawan PMI jember melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan. "Guna memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Sementara  Zaenal Marzuki, Ketua PMI Jember mengaku siap membantu seluruh stakeholder di Jember untuk melakukan penyemprotan disinfektan. "15 relawan PMI kita kerahkan untuk menyemprotkan 15.000 liter cairan,” ujarnya.

Selain penyemprotan, PMI Jember juga akan memberi vitamin untuk menjaga imunitas warga Lapa. Terlebih, setiap hari banyak keluar masuk kunjungan keluarga narapidana di Lapas Jember.

Untuk diketahui, kondisi Lembaga Permasyarakat klas IIA Jember kini sudah melebihi kapasitas. Dari daya tampung 390 orang, kini jumlahnya telah mencapai 790 orang. (as/don)