Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-30 17:41:31

Jadi Penyumbang Kasus Harian Tertinggi di Jatim, Ini Langkah Satgas Covid Banyuwangi

COVID-19 BANYUWANGI: RSUD Blambangan di Jalan Letkol Istiklal, menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Banyuwangi. Dengan melonjaknya jumlah pasien positif, rumah sakit pelat merah itu harus menambah ketersediaan tempat tidur pasien.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Angka kasus covid-19 di Kabupaten Banyuwangi melonjak, dan menjadi penyumbang kasus harian tertinggi di Jawa Timur. Lonjakan ini membuat kapasitas tempat tidur di enam rumah sakit rujukan di Banyuwangi harus ditambah.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 setempat, dr Widji Lestariono, Selasa (29/6/2021). Ia mengatakan, meningkatnya kasus covid-19 tersebut dapat ditunjukkan pada angka kasus harian.

Baca Juga : Barong Banyuwangi Turun Jalan, Sosialisasikan Prokes dan Vaksinasi

Pria yang karib disapa Rio ini menjelaskan, per tanggal 28 Juni 2021, satgas mencatat sebanyak 7326 orang terkonfirmasi covid-19, dengan rincian, 487 orang dirawat, 721 orang meninggal dunia, 55 orang suspect dan sebayak 6118 orang dilaporkan telah sembuh.

Baca Juga : Kades di Banyuwangi Gelar Hajatan di Tengah PPKM Darurat

Menurut Rio, meningkatnya kasus covid-19 di Banyuwangi karena ada 12 klaster baru yang ditemukan. Yakni, 2 klaster hajatan, 2 klaster ziarah wali songo, 3 klaster puskesmas, 3 klaster keluarga, 1 klaster pondok pesantren dan klaster pembuat peti buah.

Dengan terus bertambahnya kasus covid-19, Dinas Kesehatan Banyuwangi terus melakukan segala upaya. “Menambah ketersediaan tempat tidur di enam rumah sakit rujukan,” kata Rio.

Adapun keenam rumah sakit itu yakni, RSUD Blambangan, RSUD Genteng, RS Fatimah, RS Graha Medika, RS Al Huda dan RS Bakti Husada.

Hingga saat ini, pasien covid 19 terus berdatangan di beberapa rumah sakit rujukan di Banyuwangi. Hal itu membuat penggunaan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU di rumah sakit terus meningkat. “Ketersediaan tempat tidur 61 persen, ICU lebih dari 80 persen,” ujarnya.

Dari kondisi itu, Rio meminta kepada manajemen di enam rumah sakit rujukan tersebut agar segera menambah jumlah tempat tidur pada ruang isolasi maupun ICU. “Diharapkan dapat meminimalisir penularan covid-19,” katanya.

Rio menambahkan, dengan adanya peningkatan kasus positif covid-19 di Banyuwangi, seharusnya menjadi keprihatinan dan catatan bagi semua pihak untuk segera mencari solusi untuk meminimalisir penularannya. (dik/don)