Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-20 18:17:11

Jalan Desa Tambak Ukir Ambrol, Aktivitas Warga Terganggu

AKSES: Jalan utama di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo ambrol saat wilayah tersebut diguyur hujan lebat pada Sabtu (19/3/2022). Warga pun kemudian melakukan perbaikan sementara pada Minggu (20/3/20220).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (19/3/2022) sore, membuat akses menuju wisata Bukit Geligir 99 ambrol. Ambrolnya jalan utama di Dusun Krajan, Desa Tambak Ukir itu membuat aktivitas warga setempat terganggu, karena hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Abdul Holik, warga setempat mengatakan jalan tersebut ambrol sekira pukul 16.00 WIB. Kemudian, pada Minggu (20/3/2022) warga sekitar melakukan kerja bakti memperbaiki jalan tersebut.

Baca Juga : Diterjang Hujan, Atap Lapuk Kantor Desa Tambak Ukir Ambrol

Menurut Holik, jalan tersebut merupakan akses jalan satu-satunya warga Desa Tambak Ukir. "Termasuk pengunjung yang menuju Bukit Geligir 99," terangnya, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga : Tertimbun Tanah Longsor, Jalan Dusun Tambak Ukir Lumpuh

Sementara itu, Sekretaris Desa Tambak Ukir, Badriyono saat dikonfirmasi melalui panggilan via WhatsApp menyatakan bahwa warga bersama pemerintah setempat sudah melakukan kerja bakti untuk memperlebar akses jalan di lokasi tersebut. "Agar mobil bisa masuk," ucapnya.

Badriyono mengatakan kalau pelebaran jalan dilakukan dengan cara mengikis bukit di sisi selatan jalan. Karena menurutnya, langkah itu lebih aman dibanding dengan memberikan batu atau tanah pada badan jalan yang ambrol. "Kalau mobil angkutan berat belum diperbolehkan (melintas)," katanya.

Badriyono mengaku jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kecamatan Pakuniran dan BPBD Kabupaten Probolinggo. (zr/don)