Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-20 20:30:45

Jalan Raya Kraksaan Dijadikan “Sirkuit” Balap Liar

LALU LINTAS: Pengguna jalan di Jalur Pantura Kota Kraksaan, harus waspada saat malam Minggu tiba. Pasalnya, ruas jalan Kraksaan kerap digunakan ajang balap liar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Jalan Raya Pantura masuk Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sering dijadikan ajang balap liar oleh sekelompok pemuda. Bahkan, mereka nekat menyetop kendaraan yang melintas saat balap liar hendak dimulai.

Ruas jalan yang digunakan balap liar itu berada di lajur selatan, tepatnya di depan Delta Swalayan, sampai di Jembatan Kembar. Kondisi badan jalan tersebut memang bagus, dengan kondisi PJU terang.

Baca Juga : Volume Kendaraan di Ruas Jalan Kabupaten Probolinggo Naik 50 Persen

Khotibul Umam, warga sekitar mengatakan kalau lajur tersebut sering dilakukan balap liar ketika malam Minggu tiba. Puluhan sepeda motor modifikasi mulai digeber, ketika waktu sudah memasuki dini hari.

Baca Juga : Songkok Bordir Khas "Dubai"

Seperti yang direkam oleh Khotibul Umam pada Minggu (20/2/2022) sekira pukul 01.00 WIB. Dalam video itu, sejumlah pemuda nekat menyetop kendaraan yang melintas di lokasi tersebut sebelum balap liar dimulai. "Saya sempat merekam yang tadi malam," ucapnya, Minggu (20/2/2022) sore.

Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto membenarkan aksi balap liar tersebut. Saat mendapat informasi dari masyarakat adanya balap liar, pihaknya langsung bergerak menuju lokasi. Alhasil, belasan motor dan pengendaranya berhasil diamankan. "Ada juga yang berhasil lari kocar kacir," terangnya.

Kemudian, mereka yang diamankan diberikan pembinaan dan pemanggilan orang tuanya. Untuk bisa mengambil motornya, setiap pemilik wajib menunjukkan kelengkapan surat kendaraannya.

Sujianto berjanji, ke depan akan melakukan patroli di sepanjang jalan Kota Kraksaan. Itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya balap liar yang meresahkan para pengguna jalan. (zr/don)