Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-22 15:38:12

Jalan Rusak di Kota Probolinggo segera Diperbaiki, Anggarannya Rp 7 Miliar

INFRASTRUKTUR: Kerusakan di Jalan Semeru, Kelurahan Triwung Kidul, Kota Probolinggo akan segera diperbaiki tahun ini bersama 3 jalan lainnya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kota Probolinggo menyiapkan anggaran melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021, untuk perbaikan empat jalan sebesar lebih kurang Rp 7 miliar. Sementara ini, dua proyek jalan masih dalam proses pengajuan tender dan 2 lainnya dalam verifikasi berkas. Diperkirakan, seluruh jalan itu diperbaiki sekitar bulan Juni mendatang.

Jalan yang telah dilimpahkan dan proses pendaftaran untuk pengadaan barang dan jasa adalah Jl. KH Rizal di Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan dan Jl. KH. Fadhol di Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan.

Baca Juga : Perbaikan Jalan Rusak di Jember Belum Menyeluruh

Sedangkan, dalam proses verifikasi berkas adalah Jl. Semeru di Kelurahan Triwung Kidul, dan Jl. Kerinci di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan.

Baca Juga : Komisi III: Banyak Jalan di Kota Probolinggo Kondisinya Rusak

Plt Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Permukiman (PUPR-Perkim) Gigih Ardityawan Pratama mengatakan, Sistem Informasi Pengelolan Daerah (SIPD) sudah bisa digunakan mulai 1-2 minggu lalu. Kini, proses pelaksanaan dapat dikerjakan.

Gigih mengatakan, perbaikan jalan yang didahulukan sebelumnya yakni Jl. Semeru dan Jl. KH Fadhol. Namun, ada perubahan rencana dan diawali Jl. Semeru dan Jl. Kerinci.

Menurutnya, dana per item atau satu jalan dianggarkan Rp 2 miliar. " Untuk 4 ruas jalan, kita dapat 7 miliar," katanya.

Gigi menuturkan, pada tahun 2021 anggaran perbaikan jalan tidak ada yang direfocussing.  

"Kita memprioritaskan karena banyak jalan yang rusak," ujarnya.

Sementara, saat ditelusuri di website https://lpse.probolinggokota.go.id/eproc4, ada 2 jalan yang sudah masuk proses pendaftaran lelang. Yaitu pekerjaan konstruksi terkait pemeliharaan jalan berjalan Jl. KH Fadhol sebesar Rp 2 miliar dan Jl. KH Rizal Rp 2,3 miliar.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto mengatakan, diperkirakan akhir bulan Mei atau awal bulan Juni proyek jalan sudah bisa dikerjakan. Dengan catatan, dipastikan tidak ada re-tender. "4 jalan keseluruhan itu pada bulan April sudah dilimpahkan berkasnya," katanya. (ang/don)