Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-06 16:47:40

Jalankan Instruksi Panglima TNI, Tempat Isolasi Terpusat Akan Diketuai Danramil

PERALIHAN: SMPN 1 Pajarakan menjadi salah satu tempat isolasi terpusat di Kabupaten Probolinggo. Ke depan, tempat isolasi di sekolah tersebut akan diketuai oleh Komandan Koramil Pajakaran.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolingo masih melakukan koordinasi dan persiapan terkait isolasi terpusat. Dimana, isolasi terpusat ini akan dilakukan di masing-masing kecamatan sesuai dengan alamat pasien yang akan menjalani isolasi. Yakni pasien positif covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Di tempat isolasi terpusat ini, akan diketuai langsung oleh Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) setempat. Dimana, Danramil yang akan bertanggung jawab atas tempat isolasi tersebut sesuai dengan instruksi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca Juga : Pemkot Tambah Isoter di SMPN 6, Siapkan 100 Tempat Tidur

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum pada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto. Ugas mengatakan sebenarnya Kabupaten Probolinggo sudah menerapkan isolasi terpusat ini.

Pemkab menyiapkan beberapa tempat, baik hotel, sekolah atau puskesmas untuk isolasi bagi pasien OTG. Hanya saja yang menjadi penanggung jawab, sekaligus kepala isolasi terpusat ini adalah kepala puskesmas di kecamatan masing-masing. "Kalau isolasi mandiri itu penularannya tidak terkendali," katanya, Jumat (6/8/2021).

Karena tanggung jawab tersebut harus dialihkan kepada koramil setempat, maka saat ini pihaknya masih melakukan persiapan dan koordinasi dengan Kodim 0820. Sementara mengenai ketersediaan makan dan pembiayaan lainnya tetap akan ditanggung pemkab. Termasuk kesehatan tetap akan dikontrol oleh tenaga kesehatan setempat. "Tanggung jawabnya saja bergeser ke danramil," ujarnya.

Diketahui, saat ini Kabupaten Probolinggo mempunyai 9 tempat isolasi terpusat. Yakni Puskesmas Paiton, Puskesmas Maron, Hotel Sari Indah, Hotel Sukapura Permai, Hotel A.3 Sukapura, SMPN 1 Pajarakan, SMPN 1 Dringu, SMPN 1 Sumberasih dan Puskesmas Kotaanyar.

Sementara kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo, per Kamis (5/8/2021), ada sebanyak 6.206 orang. Dengan rincian 819 orang masih dirawat, 5.013 sembuh, dan 374 meninggal dunia. (zr/don)