Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-09 16:03:36

Jalur Sengkan Mayit Banyuwangi Dipasang Pagar Pembatas

GUARDRAIL: Jurang Sengkan Mayit di jalur menuju Kawah Ijen Banyuwangi, kerap memakan korban jiwa. Pemerintah bersama kepolisian pun telah memasang pagar pembatas di jalur tersebut, untuk menekan angka kecelakaan yang menelan korban jiwa.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Banyaknya kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa di Kawasan Jurang Sengkan Mayit jalur menuju Kawah Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, membuat pemerintah bersama kepolisian melakukan langkah antisipatif. Pemerintah memasang pagar pembatas di Jurang Sengkan Mayit pada Rabu (9/3/2022).

Berdasarkan data Satlantas Polresta Banyuwangi, hingga saat ini lebih dari 10 kasus kecelakaan terjadi di jalur tersebut.

Baca Juga : Inisiasi Program Sistersay, Pemkab Banyuwangi Berdayakan Ekonomi Hingga Cegah Stunting

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim mengatakan pemasangan pagar pembatas atau guardrail di jalur tersebut karena sering memakan korban. "Agar meminimalisir korban kecelakaan lalu lintas di kawasan tersebut," kata Kompol Fani.

Baca Juga : Momen Ramadan, Bupati Banyuwangi Silaturahim ke Ormas Islam

Fani mengimbau kepada pengemudi untuk lebih waspada dan berhati-hati saat melintas di jalur black spot Sengkan Mayit.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU-CKPR) Banyuwangi, Danang Hartanto mengatakan bahwa ada 2 guardrail yang di pasang di Jurang Sengkan Mayit. "Dari arah atas sepanjang 36 meter, dan yang dari arah bawah sepanjang 32 meter," ujarnya.

Danang menambahkan, saat ini pihaknya juga melakukan pemasangan rambu-rambu kewaspadaan di bebarapa titik jalan di sepanjang kawasan jalur Kawah Ijen. "Sehingga meminimalisir risiko kecelakaan,"katanya. (rl/don)