Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-10 13:55:01

Jelang Idul Fitri, Satgas Covid-19 Banyuwangi Temukan Klaster Tarawih

Ilustrasi

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi saat ini menangani kasus positif covid-19, di Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelo, Kecamatan Bangorejo. Pasalnya, terdapat 53 positif covid-19 dan 6 orang meninggal dunia di desa tersebut. Satgas menyebut, bahwa kasus covid-19 di Desa Ringintelo merupakan klaster salat tarawih.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, dikonfirmasi pada Senin (10/5/2021), membenarkan adanya klaster tarawih di masjid desa setempat. 53 kasus positif covid-19 itu, hasil tracing dari kontak erat 267 orang.

Baca Juga : Kantor Pelayanan di Kampus UIN KHAS Lockdown 3 Hari. Ini Sebabnya

Pria yang karib disapa Rio ini menyampaikan, dari 53 warga positif covid-19 itu tiga di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara sisanya menjalani isolasi mandiri secara ketat di rumah masing-masing. "Aktifitas masjid sementara ditutup," katanya.

Selain menutup sementara masjid tersebut, Rio memastikan bahwa satgas telah memberlakukan lockdown di Dusun Yudomulyo. Seluruh warga telah diminta agar tidak keluar rumah, dan menjalani isolasi secara mandiri. "Mengantisipasi Covid-19 semakin meluas." ujarnya.

Untuk memaksimalkan penutupan dusun tersebut, satgas tingkat kabupaten telah meminta satgas kecamatan dan desa untuk memantau secara intensif aktivitas di dusun tersebut.

Pihaknya juga menyuplai bantuan, baik berupa sembako hingga vitamin bagi warga yang menjalani isolasi. "Setiap kepala keluarga,” kata Rio. (peb/don)