Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-11 15:32:29

Jelang Libur Nataru, Harga Bahan Pokok di Banyuwangi Naik

NAIK: Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Banyuwangi mulai merangkak naik, jelang libur natal dan tahun baru (Nataru).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sejumlah kebutuhan pokok di Banyuwangi mulai merangkak naik. Seperti yang terpantau di Pasar Blambangan, Banyuwangi, dimana harga daging ayam mulai mengalami kenaikan.

“Harga ayam potong Rp 32 ribu per kilogram, ada kenaikan menjelang natal dan tahun baru,” ujar Zuma’i, salah satu pedagang saat ditanya Tadatodays.com usai, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga : Harga Kedelai Mahal, Begini Siasat Produsen Tahu

Zuma’i menjelaskan, harga daging ayam sebelumya tidak melebihi Rp 30 ribu per kilogram, namun kini telah mencapai Rp 32 ribu. Sementara, harga daging ayam kampung mencapai Rp 80 ribu per kilogram. “Harga daging ayam memang mahal, karena banyak permintaan,“ tambahnya.

Baca Juga : Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Mulai Naik

Sementara, pedagang lainya, Samsuri, 50, menyebut tidak hanya harga daging ayam saja yang mengalami kenaikan. Harga beberapa kebutuhan pokok lainnya juga naik. Kendati demikian, ada beberapa kebutuhan pokok yang saat ini harganya masih stabil.

Seperti harga cabai merah kecil, misalnya. Samsuri menyebut, bahwa harga cabai merah kecil saat ini Rp 38 ribu dari sebelumya Rp 35 ribu per kilogram. Sementara harga cabai merah besar Rp 45 ribu, sedangkan untuk tomat seharga Rp 10 ribu per kilogram.

“Kalau harga cabai itu tidak stabil. Lagi pula barang (cabai) ini kan tidak tahan lama, jadi harganya mudah naik dan mudah turun. Tapi kalau harga tomat masih stabil Rp 10 ribu,” tambahnya.

Dikatakan Samsuri, kenaikan harga bahan pokok tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti ketersedian bahan dari petani, hingga jumlah permintaan dari pembeli. Seperti halnya bawang merah, misalnya. Karena pasokan bawang merah dari petani masih ada, maka harganya pun masih stabil.

“Bawang merah Rp 25 ribu per kilogram, itu malah turun karena stok ada. Biasanya bawang merah Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram,” jelasnya.

Sementara untuk bawang putih dijual seharaga Rp 20 ribu, dan harga itu tergolong stabil. “Naik dan turunnya harga itu semua tergantung pasokan. Kalau lancar ya harga standar, kalau tidak lancar ya harga naik,” pungkasnya. (usm/don)