Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-26 19:01:28

Jelang Mudik Lebaran, Dinkes Jember Bakal Dirikan 6 Posko Kesehatan

LAYANAN: Pos Pengamanan Terpadu di depan Roxy Square, Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates, juga akan menyiapkan pos layanan kesehatan khusus para pemudik yang melintasi ruas jalan tersebut. Pos kesehatan itu juga melayani vaksinasi dan tes swab.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Menghadapi musim mudik lebaran tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember bakal mendirikan pos pelayanan kesehatan di 6 Pos Pengamanan Terpadu. Nantinya, pos kesehatan itu bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk memeriksa kesehatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Jember, Lilik Lailiyah mengatakan bahwa Dinkes Jember bakal menyiapkan total 6 pos kesehatan di wilayah Jember.

Baca Juga : H+5 Puncak Arus Balik di Terminal Tawang Alun Jember

Pos kesehatan tersebut antara lain, di Pos Garahan yang terletak di bagian ujung timur Jember, Kecamatan Silo. Kemudian, Pos Roxy Square yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates; Pos Tawang Alun, Kecamatan Rambipuji; Pos Pondok Dalem, Kecamatan Semboro; Pos Pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu, dan Pos Pantai Pancer Puger, Kecamatan Puger.

Baca Juga : 203 Ribu Pemudik Balik ke Bali, Terhitung Baru 65 Persen

Rencananya, pos kesehatan tersebut mulai beroprasi mulai 28 April hingga 9 Mei 2022. Jumlah petugas kesehatan di setiap pos terdiri dari dua orang, ditambah satu orang sopir ambulans. "Selain melakukan penjagaan di posko kesehatan, kami juga menyediakan vaksinasi untuk para pemudik hingga menyediakan swab antigen," katanya, Selasa (26/4/2022).

Di pos pelayanan kesehatan tersebut juga menyiapkan obat-obatan yang diperlukan. Seperti, obat Life Saving (Injeksi atau Oral), oral dan topikal (Vitamin, Analgesik, dan lain-lain ) dan bahan habis pakai (Alkohol, Infus Set, Povidon dan lain-lain).

Selama musim mudik hingga arus balik lebaran nanti, Dinkes Jember akan memberlakukan pelayanan 24 jam untuk UGD di seluruh Puskesmas.

Sementara untuk keadaan darurat dapat menghubungi layanan panggilan di nomor (0331) 425222. (bp/don)