Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-01 16:07:33

Jelang Pilkades Serentak, Plt Bupati Probolinggo Cek Kesiapan Kantor Pelayanan

LAYANAN: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko (empat dari kiri), saat memantau kesiapan PN Kraksaan dalam pelayanan bagi bacakades.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, melakukan pemantauan kesiapan lembaga atau instansi yang memberikan layanan syarat pendaftaran bakal calon kepala desa (bacakades). Diketahui, Pemkab Probolinggo bakal menggelar Pilkades serentak di 252 desa.

Pemantauan dilakukan oleh Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko dan pejabat terkait, Senin (01/11/2021).

Baca Juga : Puskesmas Klenang Kidul Menggelar Senam dan Screening Penyakit Tidak Menular

Dimulai dari Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik), yang berwenang memberikan layanan legalisir ijazah. Lalu, Kantor Inspektorat yang memberikan layanan penerbitan surat keterangan perihal capaian kinerja dalam Laporan Keuangan Desa (LKD) selama masa jabatan petahana.

Baca Juga : Puskesmas Klenang Kidul Gelar Senam dan Screening Penyakit Tidak Menular

Kemudian, Polres Probolinggo yang memberikan layanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo yang memberikan surat keterangan tidak menjalani hukuman pidana. Pengadilan Negeri (PN), yang menerbitkan surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana.

Terakhir, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan yang memberikan keterangan kesehatan bagi bacakades.

Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menyampaikan kalau pemantauan itu dilakukan guna melihat persiapan para instansi tersebut dalam melayani para bacakades yang hendak mendaftar di Pilkades serentak tahap II, 17 Februari 2022 mendatang. "Hari ini lancar-lancar saja, tidak ada kendala," katanya.

Dari pantauan itu, ia menyebutkan bahwa semua instansi yang memberikan layanan persyaratan bagi bacakades sudah siap.

Ia berharap, Pilkades serentak ini berjalan lancar dan kondusif. "Tetap prokes ketat," ujar pria asal Kecamatan Maron itu. (zr/don)