Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-29 22:07:46

Jelang Purna, Bupati Banyuwangi Siapkan Realokasi APBD untuk Vaksin ke Semua Warga

AKHIR JABATAN: Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, sesaat setelah disuntik vaksin Sinovac bersama jajaran Forkopimda setempat, Kamis kemarin.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM -  Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, bakal merealokasi APBD untuk vaksinasi ke semua warga Banyuwangi. Langkah itu dilakukan menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Bupati Banyuwangi.

Bupati Anas menyampaikan, realokasi anggaran itu diperbolehkan karena Pemkab Banyuwangi memiliki belanja tak terduga (BTT) tentang Covid-19 meskipun belum tahu berapa besarnya. "Tetapi nantinya secara bertahap barangnya, APBD juga sudah siap," ujar Anas.

Baca Juga : Forpimda Banyuwangi Saksikan Pelantikan Ipuk-Sugirah Secara Virtual

Meski sudah menyiapkan BTT dalam APBD, namun Anas terkendala sulitnya mendapatkan vaksin Sinovac karena stok terbatas. "Ini bukan seperti orang membeli semen, di mana-mana dapat," kata Anas.

Baca Juga : Pertama di Tapal Kuda, Jurnalis di Probolinggo Divaksin

Lanjut Anas, pada intinya pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai skenario. Sehingga jika diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vaksin, Pemerintah Banyuwangi sudah pada tahapan siap.

"Termasuk siap untuk bergotong royong pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Kabupaten Banyuwangi," jelasnya.

Dalam vaksinasi tahap lanjutan, Anas memastikan bahwa pihaknya juga memprioritaskan vaksinasi untuk wartawan. Menurutnya, pekerjaan sebagai wartawan juga berisiko. "Saya rasa teman-teman wartawan juga perlu untuk divaksin," ujarnya.

Terakhir, ia berpesan agar para tenaga kesehatan (nakes) bisa meyakinkan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa vaksin Sinovac aman.

Untuk diketahui, vaksinasi di Banyuwangi telah dimulai pada Kamis (28/1/2021) kemarin. Vaksinasi tahap masih diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan 10 pejabag Forkopimda hingga tokoh lintas agama. (peb/don)