Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-21 21:58:35

Jembatan Kerangka Besi di Banyuwangi Putus Diterjang Banjir

PUTUS: Sebuah jembatan di alairan Sungai Karang Tambak, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, putus diterjang banjir pada Senin (21/3/2022) sore. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu. Selain merusak jembatan, banjir juga merendam 100 rumah warga setempat.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Banjir yang terjadi di Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Senin (21/3/2022) pukul 16.00 WIB, tidak hanya menggenangi 100 rumah warga. Jembatan penghubung antar desa pun juga terputus.

Jembatan putus tersebut berada di Sungai Karang Tambak, Desa Kandangan. Terjangan banjir yang kuat mengakibatkan jembatan aspal dengan kerangka besi itu putus. Mulanya, air mengikis bagian fondasi hingga memutus jembatan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Mujito bahwa aliran air sungai sangat deras hingga menyebabkan jembatan tersebut putus. “Jembatan yang menghubungkan Dusun Kendangan dengan Dusun Sumberdadi," katanya.

Ia menyebutkan bahwa tidak ada korban dalam kejadian itu. Sebab saat banjir menerjang, tidak ada warga yang berani melintasi jembatan tersebut.

Mojito menuturkan, selain memutus jembatan tersebut, luapan air Sungai Karang Tambak juga membanjiri 100 Rumah dari 66 Kepala Keluarga di Desa Kendangan. “Ketinggian air sekitar 30 cm,” katanya. (rl/don)