Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-13 14:55:58

Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Pegawai Berhamburan Keluar Kantor

LAGI: Pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Jember terjadi di laut selaan dengan kedalaman 10 km. Atap rumah warga pun bergetar, serta pegawai perkantoran berhamburan keluar gedung.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Gempa Kembali mengguncang Kabupaten Jember, Senin (13/12/2021) sekitar pukul 12.45 Wib. Berdasarkan rilis resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,3.

Dalam rilis tersebut juga disampaikan, bahwa titik gempa terjadi di kedalaman 10 Km pada titik koordinat 9.81 Lintang Selatan dan 113.67 Bujur Timur.

Baca Juga : Puluhan Rumah Warga Jember di 5 Kecamatan Rusak Akibat Gempa

Gempa tersebut membuat sebagian warga tunggang langgang keluar gedung. Salah satu warga Kecamatan Sumbersari bernama Briyan Bagus mengatakan, gempa terjadi selama sekitar 2-3 detik dengan getaran yang cukup kuat. “Atap rumah bergetar,” katanya.

Baca Juga : Gempa Kembali Guncang Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, Bali

Berutung gempa tersebut tak mengakibatkan kerusakan apapaun. "Kaget. Alhamdulillah tidak ada kerusakan," ujarnya.

Sementara dari pantauan tadatodays.com di lapangan pada pukul 13.30 Wib, terlihat sejumlah pegawai kantor yang berada di sepanjang Jalan Karimata dan Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, masih tampak berada di luar Gedung. Mereka khawatir akan terjadi gempa susulan.

Sementara itu, Firman Arifianto selaku anggota TRC Pusdalops BPBD Jember saat dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan catatannya getaran hanya dirasakan di beberapa wilayah. “Seperti, di Kecamatan Kalisat, Sumbersari, Patrang, dan Kecamatan Silo," kata Firman.

Pusat gempa, kata Firman, terjadi di pesisir selatan Kabupaten Jember. "Relawan dan anggota TRC di wilayah kecamatan masih saling kordinasi," tuturnya. (as/don)