Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-03 07:30:26

Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

JUARA: Tim sepak bola putra Kabupaten Jember yang berhasil mencatat sejarah baru dengan menjuarai Porprov VII Jatim 2022.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Sejarah manis diguratkan tim sepak bola Kabupaten Jember dalam Porprov VII Jatim 2022. Tim besutan pelatih M. Rofiq itu berhasil merebut gelar juara dan membawa pulang medali emas setelah menundukkan tim Kabupaten Pasuruan dengan skor 1-0, pada laga final yang digelar di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang, Sabtu (2/7/2022) malam.

Laga final itu disaksikan ribuan penonton yang memenuhi tribun Stadion Semeru. Pertandingan sempat terhenti cukup lama. Sebab, pada menit ke 36,  gerombolan suporter memaksa masuk ke stadion melalui pintu tribun timur.

Baca Juga : Hasil Draw Mengantar Kanigaran 2 Juarai Walikota Cup 2022

Pertandingan terhenti sampai selama hampir satu jam. Setelah petugas keamanan berhasil menghalau keributan, laga kembali dilanjutkan.

Baca Juga : Dapat Dua Penalti, Kanigaran 2 Tundukkan Mayangan 3

Kendati bermain dengan tempo tinggi, tidak ada peluang berarti yang tercipta dari kedua tim di babak pertama. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tim Kabupaten Pasuruan yang diasuh oleh Subangkit, tampil lebih beringas. Tercipta sejumlah peluang yang membahayakan gawang Kabupaten Jember.

TANGISAN JUARA: Tangis kebahagiaan para pemain Kabupaten Jember pecah setelah berhasil menundukkan Kabupaten Pasuruan dengan skor tipis 1-0, di partai final, Sabtu (2/7/2022) malam.

Namun, seluruh peluang berbahaya yang dilancarkan oleh para pemain Kabupaten Pasuruan dapat dicegah menjadi gol. Terutama berkat penampilan gemilang penjaga gawang tim Kabupaten Jember  Taufik.

Sembari menahan gempuran dari Kabupaten Pasuruan, tim Kabupaten Jember terus berusaha keluar dari tekanan hingga akhir laga.

Hasilnya, pada menit 90+2 masa injury time, berawal dari dribbling ciamik, pemain bernomor punggung 9 Aziz mampu melewati hadangan pemain lawan. Dilanjutkan kerjasama apik Aziz umpan satu dua sentuhan dengan Richard, yang langsung menceploskan bola ke gawang Kabupaten Pasuruan. Gol tercipta bagi tim Kabupaten Jember.

Satu gol yang dilesakkan Richard Arbed Anderson itu menjadi penentu kemenangan tim Kabupaten Jember. Anak asuh M. Rofiq akhirnya keluar sebagai juara sepak bola putra Porprov VII Jatim 2022. Ini adalah catatan sejarah pertama keberhasilan tim sepak bola Kabupaten Jember menjadi juara Porprov Jatim. 

Suasana haru kontan merayapi para pemain dan official tim sepak bola putra Kabupaten Jember. Para pemain menangis dan berpelukan di lapangan. Rasa haru pun menyelimuti benak tactician M. Rofiq. "Ya, saya terharu, dan nggak bisa ngomong sudah…" tutur Rofiq saat diwawancarai usai pertandingan.

Saat ditanya apakah hasil ini melampaui ekspektasinya, Rofiq mengaku ia sudah tidak bisa berkata-kata. Ia mengapresiasi seluruh perjuangan anak-anak asuhnya yang sudah berjibaku di lapangan. "Ya, saya gak bisa ngomong sudah. Intinya, dari awal anak-anak sangat bekerja keras sekali," kata Rofiq.

Dengan hasil ini, juara sepak bola putra Porprov VII Jatim 2022 diraih Kabupaten Jember. Runner up ditempati Kabupaten Pasuruan. Sedangkan tempat ketiga atau medali perunggu diraih tim Kota Surabaya yang berhasil menundukkan Kabupaten Malang pada laga penentuan tempat ketiga, Sabtu (2/7/2022) sore. (#-1/as/why)